Tanah dijual Maguwo Jogja saat ini paling banyak dicari, khususnya investor dari luar daerah. Hal ini berkaitan dengan posisi Maguwo yang merupakan lokasi Bandara Adisucipto. Selain itu, ada banyak jalan besar di Maguwo Jogja yang potensial untuk perkembangan usaha. Untuk para investor, tentu dibutuhkan trik negosiasi yang jitu untuk membeli tanah di Maguwo Jogja.

Keuntungan Membeli Tanah dijual Maguwo Jogja

Seperti yang telah diketahui bersama, Jogja merupakan kawasan berkembang yang kian hari kian maju. Kemajuan Jogja yang paling utama adalah dari sektor wisata. Ada banyak objek wisata yang berkembang di Jogja dan sekitarnya yang menarik minat wisatawan dari banyak daerah. Bahkan wisatawan mancanegara juga banyak yang datang ke Jogja untuk mengetahui budaya yang ada.

Salah satu kawasan yang berperan aktif pada keberhasilan sektor wisata di Jogja adalah Maguwo Jogja. Bisa dibilang, kawasan inilah yang menjadi pintu gerbang kedatangan turis domestik maupun mancanegara yang mengunjungi Jogja dengan pesawat terbang. Keberadaan Bandara Adisucipto di Maguwo Jogja bukan hanya berperan sebagai pintu gerbang wisatawan, melainkan juga menjadi pemicu berdirinya banyak fasilitas di sekitar Maguwo.

Beberapa fasilitas yang mulai berkembang di Maguwo antara lain berada pada sektor perhotelan, perdagangan dan jasa, pendidikan, dan fasilitas umum lainnya seperti ruang terbuka hijau, beberapa sarana transportasi umum, serta objek wisata. Maka, tidak heran jika saat ini tanah murah Maguwo Jogja sudah sangat langka. Nilai tanah dan properti di Maguwo pasti sangat mahal dan akan terus bertambah mahal.

Dengan memiliki tanah di Maguwo, para pemilik tanah akan mendapat banyak keuntungan. Apalagi jika tanah tersebut berada di jalan utama atau jalan raya besar. Tanah bisa dikembangkan menjadi banyak peluang usaha dan jasa, terutama dalam sektor pariwisata.

Trik Negosiasi Jitu Membeli Tanah

Untuk para calon pembeli tanah dijual Maguwo Jogja, sebaiknya simak beberapa trik negosiasi jitu berikut ini agar mendapatkan harga yang lebih murah.

  1. Ketahui harga pasar tanah

Calon pembeli haruslah cermat. Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah tanah, ada baiknya mengecek terlebih dahulu rata-rata harga pasaran tanah di lokasi tersebut. Dengan demikian akan didapatkan target harga yang sesuai dengan yang diinginkan.

  1. Jangan cepat tertarik

Untuk membeli tanah, usahakan jangan terlalu cepat tertarik dan jatuh cinta pada tanah tersebut. Ketertarikan akan membuat pembeli rela membeli berapapun harga tanah yang ditawarkan oleh penjual yang mengetahui cara cepat jual tanah. Sebaiknya selalu memberi batasan yang jelas dan jangan mudah tertarik.

  1. Ingat potensi cashflow

Sebelum melakukan negosiasi harga, pembeli harus sudah memiliki dasar analisis mengenai potensi cashflow dari tanah tersebut. Dengan demikian, akan didapatkan rentang harga yang diinginkan. Selain itu, perlu juga diperhatikan biaya apa saja yang akan dikeluarkan, seperti pajak, biaya pemeliharaan, dan sebagainya.

  1. Bersiap untuk kompromi

Seringkali dalam negosiasi akan ada salah satu pihak yang menawarkan kompromi dengan syarat tertentu. Maka pihak calon pembeli tanah dijual di Maguwo Jogja harus mau bersikap fleksibel. Jangan terlalu kaku. Bisa jadi syarat yang diajukan justru bisa menguntungkan pembeli.

  1. Lakukan survey

Sebelum memberikan penawaran harga kepada penjual, calon pembeli sudah harus melakukan survey beberapa hari sebelumnya. Selain itu, berikan penawaran harga beberapa hari setelah survey dilakukan. Jangan buru-buru menawar. Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu pertimbangan dan juga memberikan kesan bahwa pembeli tidak begitu tertarik dengan tanah (teknik tarik ulur).

  1. Tentukan batas maksimal harga

Saat melakukan penawaran selalu pasang target harga maksimal. Harga tersebut juga harus dipertimbangkan dan harus sesuai dengan batas kemampuan pembeli. Harga maksimal ini akan membantu pembeli dalam menentukan apakah negosiasi layak dipertahankan atau tidak.

  1. Negosiasi dengan harga wajar

Bebas menawar bukan berarti bebas memasang harga. Tawar dengan harga yang wajar dan sesuai dengan harga pasar. Jangan menawar dengan harga yang terlalu rendah dari harga pasaran. Ingatlah bahwa penjual dan pembeli sama-sama ingin mendapat keuntungan dari proses jual beli ini.

  1. Jangan mudah terpengaruh

Salah satu kelemahan tawar menawar adalah jika pembeli terlalu mudah terpengaruh. Apalagi jika penjual sudah menyebutkan banyak keuntungan jika membeli tanah tersebut. Lebih baik jangan cepat terpengaruh. Tetap pikirkan dengan akal sehat.

  1. Kompromi tentang cara pembayaran

Langkah selanjutnya dalam negosiasi adalah pastikan tata cara pembayaran yang diinginkan penjual. Jika tata cara yang disebutkan sesuai dengan hukum, maka lanjutkan negosiasi sampai tuntas. Jika tidak, maka tinggalkan saja.

  1. Jangan langsung melunasi

Sepakati bersama penjual bahwa pembeli akan memberikan DP terlebih dahulu. Baru setelah prosedur selesai, pembeli akan melunasinya.

Itulah penjelasan mengenai trik negosiasi jitu tanah dijual Maguwo Jogja yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat.