Tanah dijual di Berbah Jogja bisa menjadi salah satu aset investasi yang menjanjikan di masa depan. Walau saat ini kawasan Berbah Jogja belum sepenuhnya ramai dan padat, namun lokasi ini sudah dipastikan akan berkembang di kemudian hari. Hal ini karena banyak potensi wisata alam yang bisa dieksplor. Namun dibutuhkan tips-tips untuk menghindari pembelian tanah murah Berbah Jogja yang bermasalah di kemudian hari.

Keuntungan Membeli Tanah Dijual di Berbah Jogja

Jogja merupakan lokasi yang sangat luas. Ada beragam hal menarik di Jogja, mulai dari statusnya sebagai kota wisata hingga potensinya untuk semakin berkembang sebagai kota pendidikan. Akibatnya ada banyak sekali pendatang dari luar daerah Jogja yang memutuskan untuk datang ke Jogja. Hal ini tentu dapat menambah tingkat ekonomi Jogja dan berdampak pula pada pelaku investasi di berbagai bidang, baik transportasi, bangunan, hingga peluang usaha yang banyak.

Namun, disamping itu, potensi Jogja ternyata juga menjamah sektor lain. Salah satunya adalah sektor untuk berkembang sebagai daerah pertanian yang baik. Saat ini, Jogja memang memiliki kawasan pertanian dan perkebunan yang mampu menghasilkan sumber pangan yang baik untuk Indonesia. Salah satu daerah di Jogja yang potensial sebagai kawasan pertanian adalah Berbah Jogja.

Berbah Jogja memiliki banyak sekali lahan pertanian dan perkebunan yang bisa dijadikan peluang investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Apalagi Berbah merupakan kawasan yang kondisi alamnya masih sangat alami dan banyak potensi wisata yang masih belum sepenuhnya meningkat. Tentu kondisi ini akan memberikan keuntungan tersendiri karena itu berarti harga tanah dijual di Berbah Jogja belum semahal Jogja kota atau daerah lain Jogja yang sudah berkembang lebih dulu.

Selain itu, dengan memiliki tanah di Berbah Jogja, pemilik tanah bisa memanfaatkannya sebagai lahan persawahan atau perkebunan yang hasil panennya bisa dinikmati di setiap musim panen. Hasil panen yang dijual juga bisa memberikan keuntungan berlipat ganda setiap tahunnya. Belum lagi jika nanti banyak objek wisata alam yang akan dikembangkan di kawasan tersebut. Maka akan banyak wisatawan yang membutuhkan fasilitas umum yang mendukung pariwisata. Tentu menjadi investor di Berbah Jogja akan memberikan peluang bisnis yang menjanjikan.

Tips Menghindari Pembelian Tanah yang Bermasalah

Tanah dijual di Berbah Jogja yang berpotensi untuk investasi baik jangka pendek maupun jangka panjang tetap harus dibeli dengan cara-cara yang sesuai dengan hukum yang berlaku. Jangan sampai tertipu dengan penjual yang menghalalkan segala cara cepat jual tanah untuk mendapatkan keuntungan pribadi, namun di kemudian hari tanah tersebut justru bermasalah. Tentu hal ini akan merugikan pembeli.

Tanah yang bermasalah dibagi menjadi dua, yaitu permasalahan pada aspek tata guna lahan dan permasalahan pada hak kepemilikan. Masalah pada aspek tata guna lahan biasanya terkait dengan fungsi bangunan yang akan didirikan di atas tanah tersebut uang kaitannya dengan hukum tata guna lahan. Sementara permasalahan tentang hak kepemilikan berhubungan dengan sengketa kepemilikan atau hak ahli waris tanah yang akan bermasalah pada balik nama.

Oleh sebab itu perlu diperhatikan beberapa tips berikut ini untuk menghindari pembelian tanah yang bermasalah:

  1. Mengecek ke dinas pertanahan setempat

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek peruntukan tata guna lahan pada lokasi tersebut. Calon pembeli bisa memeriksa status tata guna lahan pada tanah di dinas tata kota atau tata daerah setempat. Setiap lokasi tanah biasanya sudah memiliki fungsi tertentu yang harus dipenuhi. Misalnya tanah dengan fungsi hunian, fungsi industri dan perdagangan, atau fungsi pertanian dan perkebunan. Ada juga tanah yang fungsinya adalah fungsi pendidikan. Oleh karena itu, calon pembeli wajib tahu. Percuma membeli tanah yang fungsinya untuk hunian jika sebenarnya calon pembeli ingin membangun perkantoran, dan sebaliknya.

  1. Memeriksa keabsahan tanah

Calon pembeli juga berhak tahu keabsahan tanah yang akan dibelinya. Calon pembeli sebaiknya memeriksa keabsahan tanah yaitu dengan memeriksa dokumen terkait tanah. Misalnya SKPT (Surat Keterangan Pendaftaran Tanah) di Badan Pertanahan Nasional setempat. Tujuannya untuk mengetahui apakah tanah tersebut dalam keadaan layak untuk diperjualbelikan, sedang diblokir, atau sedang bermasalah, dan sebagainya.

  1. Memeriksa riwayat tanah

Langkah berikutnya adalah dengan memeriksa riwayat tanah tersebut. Jika tanah masih berupa girik, calon pembeli bisa memeriksa riwayat tanah tersebut di kantor kelurahan atau balai desa terdekat. Hal ini perlu diketahui untuk menghindari permasalahan di depan nanti.

Demikianlah penjelasan mengenai tips menghindari pembelian tanah dijual di Berbah Jogja yang bermasalah agar tidak terjadi kerugian di kemudian hari. Selalu lakukan pemeriksaan yang teliti sebelum memutuskan untuk melakukan jual beli tanah. Semoga bisa memberikan ilmu pengetahuan baru yang bermanfaat, khususnya untuk calon pembeli.