Model rumah sederhana tapi mewah bisa didapatkan asalkan penghuni rumah benar-benar mampu mengatur dan mengolah tampilan rumahnya. Untuk mendapatkan denah rumah sederhana tapi mewah serta tata ruang yang baik, perlu diperhatikan tips-tips berikut ini.

Tips Mengatur Eksterior Model Rumah Sederhana tapi Mewah

Trend arsitektur hunian saat ini adalah rumah sederhana atau minimalis, namun yang terlihat mewah dan elegan. Tentu saja setiap orang ingin memiliki rumah yang seperti itu, karena memang rumah dengan gaya demikian akan memberikan keindahan tampilan yang menawan dan terlihat mewah. Namun ada banyak orang yang kurang mampu memahami bagaimana caranya. Oleh karena itu, simak beberapa tips berikut ini:

  1. Mengatur keselarasan warna

Untuk menekankan rumah dengan tampak depan yang sederhana namun mewah, sebenarnya tidak diperlukan teknik khusus. Hanya saja, rumah harus dicat dengan warna yang selaras. Jangan terlalu berlebihan dalam memilih jenis warna. dua warna saja sudah cukup untuk memberi tampilan yang elegan.

  1. Kombinasi beberapa material

Cara lain adalah dengan mengkombinasikan beberapa macam material. Biasanya untuk mendapatkan rumah dengan tampilan yang mewah, kombinasi dinding dan batu alam sederhana bisa menjadi pilihan yang tepat.

  1. Mengolah lighting

Pencahayaan pada luar rumah juga bisa memberikan kesan yang mewah. Apalagi untuk rumah dengan taman depan yang cukup luas. Memberikan sentuhan lampu taman yang cantik bisa memberikan kesan rumah yang mewah.

  1. Mengolah unsur air

Air merupakan unsur alami yang akan membuat rumah terasa segar dengan suara gemericiknya. Air yang diolah dengan baik dalam bentuk kolam atau kolam ikan tentu bisa memberikan kesan rumah yang mewah dan elegan.

Tips mengatur interior rumah sederhana agar terlihat mewah

Mendapatkan model rumah sederhana tapi mewah juga bisa dilakukan dengan mengatur interior rumah. Beberapa kaidah yang perlu diterapkan antara lain sebagai berikut:

  1. Mengatur tata letak

Salah satu cara untuk membentuk model rumah sederhana terbaru namun mewah dalam interior adalah dengan mengatur tata letak di dalam rumah dengan tepat dan baik. Tata letak ini tidak hanya akan bisa menambah mewah, namun juga bisa memberikan kesan yang luas dan lapang.

  • Tata letak ruang

Tata letak ruangan itu harus benar-benar diperhatikan. Agar rumah sederhana terlihat mewah, ruang-ruang harus ditata dengan baik. Jauhkan ruang-ruang servis seperti dapur dan kamar mandi dari ruang-ruang publik seperti ruang tamu. Biasanya ruang servis itu cenderung kotor dan bau. Sebaliknya, dekatkan kamar tidur dengan taman, agar ruangan mendapatkan sinar matahari dan sirkulasi udara yang baik.

  • Tata letak perabot

Perabot yang diletakkan di dalam rumah juga harus ditata dengan baik. Perabot tidak harus mahal. Asalkan diletakkan sesuai dengan kebutuhan, maka perabot apapun akan terlihat mewah.

  • Tata letak peralatan elektronik

Benda-benda elektronik juga tidak boleh diletakkan sembarangan. Selain itu, hindari kabel-kabel yang berserakan. Sebaiknya meletakkan perabot sesuai dengan stop kontak yang sesuai perletakannya agar tidak ada kabel yang mengganggu pandangan.

  • Tata letak barang tidak terpakai

Letakkan barang yang tidak terpakai pada satu ruang atau satu almari khusus. Tujuannya agar tidak mengganggu pandangan.

  1. Mengubah plafond

Plafond merupakan salah satu elemen arsitektur yang jarang sekali diperhatikan. Padahal, plafon yang diolah dengan baik akan memberikan kesan mewah. Saat ini ada banyak contoh rumah sederhana terbaru yang mengusung konsep tata plafond yang baik, salah satunya dengan mengubah material plafond.

  1. Dekorasi dinding yang elegan

Cara lain untuk menciptakan kesan mewah pada rumah sederhana adalah dengan menata dinding dengan cara-cara yang elegan. Hal ini perlu dilakukan, karena pada kenyataannya dinding memang merupakan salah satu bagian dari rumah yang paling sering dilihat daripada plafond dan lantai. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  • Gunakan wallpaper minimalis

Jika ingin menggunakan wallpaper, sebisa mungkin gunakan wallpaper yang minimalis. Dalam artian pilih wallpaper yang tidak terlalu ramai. Gunakan wallpaper yang warnanya tidak terlalu mencolok dengan motif yang sederhana.

  • Dekorasi dengan bentuk yang sederhana

Selain wallpaper, pemilik rumah juga bisa menambahkan dekorasi pada dinding. Namun, pastikan bahwa dekorasi itu tidak terlalu ramai. Gunakan saja bentuk dekorasi yang sederhana. Misalnya jika ingin menambah jam dinding, maka pilihlah jam dinding yang sederhana bentuknya.

  • Dekorasi dengan warna yang senada

Selain bentuk, hal lain yang perlu dilakukan adalah memilih dekorasi yang warnanya senada. Warna yang senada akan memberikan kesan yang mewah dan elegan.

  • Meletakkan pajangan pada satu rak

Untuk rumah-rumah sempit, sebisa mungkin letakkan pajangan dalam satu rak atau satu spot saja. Jangan letakkan pajangan di banyak tempat.

Itulah beberapa cara mengatur model rumah sederhana tapi mewah yang bisa diterapkan di eksterior dan interior rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.