Tips mencari rumah dijual di Yogyakarta kini merupakan informasi yang sedang banyak dicari. Saat ini kebutuhan rumah di Yogyakarta memang cukup meningkat secara signifikan. Terdapat banyak faktor yang menjadikan seseorang memutuskan untuk membeli rumah di kawasan Yogyakarta. Alasan yang secara umum melatarbelakangi antara lain telah menikah dan ingin tinggal di rumah idaman bersama pasangan, lokasi kerja pindah, mencari yang dekat dengan sekolah anak, sebagai investasi saja dan beberapa alasan lainnya yang mendorong seseorang mencari rumah baru. Apalagi kawasan Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang berfasilitas lengkap serta memiliki perkembangan ekonomi serta infrastruktur yang cukup pesat.

Ikuti Tips Mencari Rumah Dijual di Yogyakarta Ini

Mencari rumah yang sesuai baik untuk hunian maupun untuk investasi memang susah-susah gampang. Terdapat banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dipastikan terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli unit rumah. Bahkan kini banyak cara cepat jual rumah yang dilakukan dengan jalan yang kurang benar oleh pihak penjual atau agen yang tidak bertanggung jawab dengan memberikan informasi bukan sebenarnya dan melebih-lebihkan kondisi rumah padahal kenyataannya jauh dari pejelasan tersebut. Hal ini akan menjadi masalah di kemudian hari dan pastinya akan menimbulkan kekecewaan.

Oleh karenanya, ikuti beberapa tips mencari rumah dijual di Yogyakarta berikut ini dalam proses penentuan rumah yang hendak dibeli:

  1. Pastikan rumah memiliki legalitas dan dokumen yang jelas dan lengkap

Tips paling utama dalam pencarian rumah sebagai hunian maupun investasi adalah tentang legalitas dan kelengkapan dokumen sah atas rumah tersebut. kelengkapan dokumen sebuah unit rumah meliputi sertifikat serta IMB yang masih berlaku dan sah di mata hukum. Apabila Anda memutuskan untuk membeli unit rumah di perumahan, pastikan hal penting tersebut dengan developer dan cek kembali peraturan yang ditentukan oleh developer supaya tidak terjadi masalah di kemudian hari. Apabila dokumen belum lengkap, pengurusan di kemudian hari nantinya akan lebih sulit dan memakan waktu yang tidak sebentar. Untuk itu, sebelum memberi keputusan pilihan, sebaiknya kelengkapan dokumen sudah beres.

  1. Tentukan area yang menjadi prioritas

Saat ini banyak sekali deretan rumah mewah dijual di Yogyakarta yang dapat dimiliki dengan mudah. Namun jangan hanya melihat kemewahan rumah saja, tetap pikirkan lokasi atau area dimana bangunan rumah tersebut berada. Untuk wilayah Yogyakarta, bagian utara tepatya di kabupaten Sleman merupakan area prioritas yang banyak diminati. Selain memiliki kondisi tanah yang cenderung rata dan subur, fasilitas dan pelayanan publik di wilayah Sleman sudah tergolong lengkap. Bahkan perkembangan ekonomi dan pembangunan di wilayah ini juga sudah berkembang dengan dukungan sarana transportasi yang sudah cukup memadai. Infrastruktur jalan yang sudah baik juga menjadi alasan mengapa banyak orang yang berminat untuk tinggal di Sleman. Terlebih udara yang sejuk dan jauh dari kemungkinan banjir, tanah longsor dan bencana lainnya juga menjadi alasan utama.

  1. Perhatikan tata kota yang berlaku

Sebelum memutuskan pembelian rumah, Anda juga harus melakukan pengecekan terlebih dahulu tentang tata kota yang informasinya dapat dengan mudah diakses secara langsung di kantor pemda setempat. Belilah rumah yang memang berada di kawasan pemukiman. Hal ini akan berpengaruh pada nilai investasi ke depannya.

  1. Pastikan rumah memiliki akses jalan

Meskipun banyak tawaran rumah murah Yogyakarta yang banyak diiklankan atau dipromosikan melalui berbagai media, jangan cepat terhasut hanya karena harga murah saja. Hal yang cukup penting yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah adalah rumah tersebut memiliki akses jalan minimal untuk satu mobil. Hal ini akan memudahkan sarana transportasi pribadi, maupun jika ada pengantaran barang/material atau jika kerabat hendak berkunjung.

  1. Sesuaikan pilihan dengan budget

Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan pilihan rumah dengan budget yang tersedia jika ingin membayarkan secara cash. Namun jika pembayarannya dilakukan secara berkala dengan berbagai layanan yang kini sudah banyak tersedia, penyesuaian yang perlu dilakukan ialah budget dengan uang muka dan keperluan lainnya.

  1. Tentukan cara pembayaran yang tepat

Sudah sedikit dibahas di penjelasan sebelumnya, cara pembayaran juga hal yang penting untuk dipertimbangkan. Terdapat beberapa cara pembayaran yang dapat dilakukan seperti tunai keras, tunai bertahap dan dengan KPR. Tentu saja hal ini disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing.

  1. Periksa kembali kualitas dan kelengkapan fasilitas

Tips selanjutnya sebelum membeli rumah dijual di Yogyakarta adalah memeriksa kembali kualitas bangunan rumah dan fasilitas yang tersedia di rumah tersebut apakah sudah lengkap dan sesuai keinginan atau tidak. untuk memperoleh informasi mengenai dua hal ini tentu saja calon pembeli harus melakukan survey atau pengamatan langsung dengan mendatangi rumah yang hendak dibeli. Jika pilihan jatuh pada perumahan atau sejenisnya, pastikan untuk mengecek kembali track record developer supaya lebih aman dan tepat pilihan.

  1. Pikirkan biaya tambahan

Ternyata masih ada hal yang harus dipikirkan setelah memilih unit rumah yakni biaya tambahan. Untuk itu, jangan lupa untuk mengalokasikan dana untuk keperluan tambahan seperti untuk PPN, BPHTB, biaya tambahan KPR dan masih banyak lagi.

Demikianlah beberapa tips mencari rumah dijual di Yogyakarta yang dapat diikuti dengan mudah supaya dalam pembelian dan pemilihan rumah tidak salah langkah. Semoga bermanfaat!