Tanah dijual di Sleman Jogja semakin hari semakin mahal harganya. Namun tanah di Sleman juga tetap laris dan banyak yang mencarinya. Memang lokasi Sleman sangat menguntungkan untuk investasi tanah. Selain itu, Sleman juga semakin ramai dan fasilitasnya semakin lengkap. Namun, tentu diperlukan tips dan trik yang aman untuk membeli tanah di Sleman.

Keuntungan Membeli Tanah Dijual di Sleman Jogja

Jogjakarta menjadi sebuah lokasi yang semakin terkenal namanya ke seluruh penjuru Indonesia. Jogja sebagai ikon wisata provinsi dan statusnya sebagai kota pelajar menjadikan banyak orang yang berkunjung ke sana setiap harinya, baik sebagai wisatawan atau sebagai mahasiswa pendatang. Hal ini lah yang memicu perkembangan Jogja ke arah yang lebih maju dengan tambahan banyak fasilitas umum yang menarik. Maka, tidak heran jika nilai tanah dan properti di Jogja kian hari kian bertambah mahal.

Salah satu daerah di Jogja yang ikut terkena pengaruh adanya perkembangan tersebut adalah Sleman. Sleman adalah sebuah wilayah di Jogja yang sangat mudah dijangkau. Ada banyak fasilitas umum yang semakin berkembang di sana dan mengisi banyak kebutuhan sehari-hari warga yang tinggal di Sleman. Selain itu, Sleman merupakan salah satu kawasan wisata yang memiliki banyak objek wisata. Tentu saja kawasan ini ramai dikunjungi setiap musim liburan tiba. Tidak heran jika banyak tanah murah Sleman Jogja yang nilai jualnya hari ini sudah tidak murah lagi.

Memiliki tanah di Sleman Jogja tentu akan menguntungkan. Tanah di Sleman bisa dimanfaatkan sebagai penghasilan tambahan, yaitu dengan mendirikan bangunan komersial seperti penginapan, tempat makan, atau toko souvenir. Selain itu, secara pasif, tanah di Sleman itu sendiri juga akan meningkat nilai jualnya dari hari ke hari. Tentu tanah di sana bisa dijadikan ladang investasi di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, jika ada tanah dijual di Sleman Jogja cobalah untuk berusaha mendapatkannya.

Tips Membeli Tanah di Sleman

Namun, untuk mendapatkan tanah dijual di Sleman Jogja, tentu diperlukan tips dan trik jitu agar tanah yang dibeli bukan hanya menguntungkan, namun juga bisa memberikan transaksi jual beli yang lancar. Apalagi jika calon pembeli adalah orang yang berasal dari luar daerah Sleman. Saat ini ada banyak pembeli tanah yang merasa dirugikan karena tanah yang dibelinya ternyata bermasalah. Entah itu karena masalah dengan hukum, atau masalah dengan kondisi fisik tanah. Beberapa faktor kegagalan dan kerugian tersebut antara lain:

  1. Kurang teliti

Banyak calon pembeli yang kurang teliti sebelum membeli tanah sehingga setelah tanah sudah terlanjut dibeli, tanah tersebut ternyata tidak sesuai dengan apa yang diharapkan sebelumnya. Bisa jadi tanah tersebut kondisi fisiknya buruk, atau parahnya tanah tersebut ternyata tanah bersertifikat ganda.

  1. Tidak sesuai dengan tujuan

Calon pembeli yang ingin membeli tanah dengan tujuan pembangunan rumah, ternyata mendapatkan tanah yang status peruntukannya adalah untuk usaha. Atau sebaliknya. Maka hal itu akan sangat merugikan pembeli.

Jika penjual harus tahu cara cepat jual tanah, maka calon pembeli harus tahu tips-tips berikut ini sebelum membeli tanah di Sleman Jogja:

  1. Teliti

Tips pertama adalah teliti. Calon pembeli harus bisa meneliti apakah tanah tersebut sah untuk diperjualbelikan atau tidak. Selain itu, pembeli dan penjual harus sama-sama terbuka mengenai status kepemilikan tanah, surat-surat berharga, pembayaran pajaknya, dan sebagainya. Calon pembeli bisa mengecek dokumen tanah yang akan dibeli langsung di kantor BPN Kabupaten Sleman untuk lebih mendapatkan bukti otentik. Hal ini penting, apalagi jika tanah yang akan dibeli sangat luas atau sangat mahal.

  1. Cek kondisi tanah secara langsung

Calon pembeli juga harus mengecek kondisi tanah secara langsung. Walau calon pembeli adalah berasal dari luar daerah, tetap harus dicek kondisi tanah tersebut. Apakah kondisi tanah sesuai dengan penjabaran yang telah disebutkan oleh penjual atau tidak. Lalu cek fasilitas sekitar lokasi. Semua ini penting untuk menghindari penipuan atau kerugian yang disebabkan oleh ketidaksesuaian kondisi lapangan. Jika calon pembeli memang tidak bisa menyisihkan waktu untuk mendatangi lokasi secara langsung, utus orang yang dipercaya untuk datang ke lokasi.

  1. Sesuaikan dengan tujuan

Tentukan dulu untuk apa calon pembeli akan membeli tanah. Jika calon pembeli ingin membeli tanah untuk hunian, maka pastikan lokasi tanah tersebut memang berada di zona kawasan hunian. Jika ingin membeli tanah untuk keperluan pengembangan usaha, maka pastikan lokasi tanah tersebut memang berada di kawasan industri dan perdagangan. Jangan sampai salah membeli tanah karena tidak sesuai dengan tujuan pembeliannya.

Demikianlah tips membeli tanah dijual di Sleman Jogja dan faktor penyebab kerugian membeli tanah di Sleman Jogja. Semoga bisa memberikan manfaat.