Tips berburu property dengan keyword tanah dijual Yogyakarta saat ini paling tepat untuk dijadikan teknik membeli rumah. Hal ini dikarenakan banyak orang yang memasang iklan tentang property yang dijualnya di internet. Tentu saja hal ini akan menguntungkan dan memudahkan calon pembeli. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini.

Tips berburu property dengan keyword tanah dijual yogyakarta

Saat ini memang banyak pemilik property yang ingin menjual property-nya dengan kemudahan yang ditawarkan oleh internet. Apalagi saat ini media sosial dan situs-situs jual beli juga memudahkan pencarian property tersebut. Hal ini dikarenakan banyak orang yang memasang iklan dengan cara jual rumah online. Akibatnya calon pembeli pun juga harus memilih dengan cara online pula. Salah satunya dengan mesin pencari dan keyword. Misalnya tanah dijual Yogyakarta.

Namun, kemudahan informasi dan akses iklan internet bukan berarti memudahkan calon pembeli juga untuk segera membeli property yang diinginkan. Calon pembeli harus tetap menjadi pembeli cerdas yang tidak mudah tergiur promo iklan. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa tips berburu property dengan keyword tanah dijual Yogyakarta yang perlu diperhatikan.

 

  1. Memilih property yang bagus

Dalam melihat iklan online, tentu di kepala sudah ada bayangan mengenai kurang lebihnya property tersebut. Dari sekian banyak iklan yang ada dari keyword tanah dijual Yogyakarta, pilihlah beberapa property yang sekiranya bagus dengan harga yang sesuai dengan budget. Hal ini akan memudahkan seleksi dari property yang akan dijual. Bila perlu, hubungi penjual untuk menanyakan informasi yang lebih detail. Lalu sesuaikan dengan iklan yang dipasang di internet tersebut.

  1. Memperhatikan lokasi property

Walau sedang melakukan proses pencarian property dari penjual yang pasang iklan rumah online gratis, bukan berarti calon pembeli tidak perlu memperhatikan lokasi tanah atau rumah tersebut. Tetap periksa kondisi lokasi dimana property tersebut berada. Cek apakah di masa depan property ini akan memberikan keuntungan. Atau setidaknya cek apakah lokasi tersebut layak untuk dijadikan tempat tinggal. Dengan demikian, calon pembeli tidak akan merasa dirugikan.

  1. Survey lokasi

Setelah memilih property yang bagus dari iklan yang ada dan memperhatikan lokasi, tentu akan didapatkan alternatif property yang lebih sedikit. Dari sana lakukan survey ke lokasi secara langsung untuk melihat apakah informasi yang didapatkan dari iklan tersebut benar adanya. Survey lokasi juga bertujuan untuk mendata apa saja yang kurang dari peroperty tersebut, sehingga jika memang pembeli jadi membelinya, akan ada data mengenai renovasi apa yang harus dilakukan.

  1. Pertimbangkan harga yang ditawarkan

Kemudian, pertimbangkan harga property yang ditawarkan oleh penjual. Namun jangan terburu-buru menawar terlebih dahulu. Sesuaikan lagi dengan data-data yang didapatkan dari survey lokasi yang sudah dilakukan sebelumnya. Jika pemjual mematok harga tinggi, cek lagi apakah lokasi tersebut memang potensial sehingga penjual berani menawarkan dengan harga tinggi. Jika penjual menawarkan harga yang relatif rendah, cek lagi dari data survey lokasi. Bisa jadi harga yang rendah itu adalah karena banyak bagian property yang perlu diperbaiki. Jika memang perlu diperbaiki, cek kisaran harga untuk melakukan perbaikan tersebut. Dari sana akan mudah ditemukan property mana yang layak dan tidak layak untuk dibeli.

  1. Perhatikan status property

Lalu, pertimbangkan juga status kepemilikan property itu. Sebisa mungkin, pilih property yang statusnya memang layak untuk diperjualbelikan. Atau pilih property yang risiko ke depannya tidak terlalu banyak. Jika ingin membeli tanah yang berupa tanah warisan, ada baiknya memastikan juga apakah tanah tersebut sedang dalam keadaan sengketa atau tidak. Hal ini akan lebih baik sebelum menderita kerugian di belakang nanti.

  1. Perhatikan keamananan

Pastikan juga bahwa property tersebut memiliki tingkat keamanan yang baik. Pilihlah property yang potensi bencananya kecil. Jangan membeli property yang rawan banjir atau rawan tindak kejahatan.

  1. Melakukan negosiasi

Jika sudah benar-benar matang untuk membeli property tersebut, lakukan negosiasi dengan penjual. Calon pembeli harus membina hubungan baik dengan penjual. Dengan demikian, negosiasi akan mudah dilakukan. Untuk melakukan negosiasi, lebih baik tidak perlu terlalu terburu-buru. Lakukan negosiasi juga dengan harga yang wajar. Ingat selalu bahwa baik pembeli maupun penjual sama-sama ingin mendapatkan keuntungan dari transaksi ini.

  1. Deal harga

Setelah pembeli dan penjual menyepakati harga yang sama-sama menguntungkan, lakukan kesepakatan tentang tata cara pembayaran, proses balik nama, dan sebagainya. Hal ini penting, karena proses transaksi tetap harus dilakukan di bawah payung hukum yang ada di Indonesia.

Demikianlah beberapa tips berburu property dengan keyword tanah dijual Yogyakarta yang perlu diperhatikan oleh calon pembeli agar proses pemilihan dan pembelian property bisa dilakukan dengan baik untuk menghindari kerugian.