Tanah dijual Bantul Jogja menjadi salah satu alternatif investasi tanah di Jogja yang bisa berkembang dengan baik dan memberikan keuntungan maksimal. Salah satunya adalah karena lokasi Bantul Jogja yang potensial dalam berbagai sektor. Namun untuk calon pembeli yang belum memiliki modal cukup, beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu untuk mendapatkan tanah murah Bantul Jogja secara kredit.

Keuntungan Membeli Tanah Dijual Bantul Jogja

Jogja menjadi lokasi yang strategis untuk dijadikan lokasi investasi. Hal ini berkaitan dengan kawasan Jogja dan sekitarnya yang terus berkembang, terutama dalam sektor pariwisata dan pendidikan. Sejak dulu, Jogja memang kerap kali dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah untuk berwisata. Selain itu, banyak juga warga dari daerah lain yang menarik minat mahasiswa untuk menempuh pendidikan di Jogja. Kondisi inilah yang berperan penting dalam menumbuhkan perekonomian Jogja setiap harinya.

Selain sektor wisata dan pendidikan, ternyata Jogja juga menyimpan potensi lain untuk dikembangkan sebagai aset investasi, yaitu sektor properti, pertanian, perkebunan, dan juga peternakan. Salah satu daerah yang cocok untuk mendukung seluruh sektor tersebut adalah Bantul Jogja. Bantul Jogja adalah kawasan yang luas dan memiliki pemandangan alam yang indah. Masyarakat di Bantul Jogja kebanyakan adalah peternak atau petani. Bantul juga kini menjadi sangat potensial untuk pariwisata. Mulai banyak lokasi wisata di Bantul yang dibuka. Beberapa bahkan sudah ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Dengan memiliki tanah dijual di Bantul Jogja, tentu keuntungan investasi yang didapatkan akan sangat banyak. Jika investor tidak ingin membangun bangunan pun, tanah tersebut bisa dijadikan tabungan masa depan. Atau bisa juga dengan menjadikannya lahan yang baik untuk beternak atau berkebun. Hasil panennya tentu bisa memberi keuntungan setiap tahunnya.

Seiring dengan perkembangan pariwisatanya, tanah tersebut juga bisa disewakan sebagai lahan parkir atau nanti bisa dijadikan penginapan. Apalagi jika membeli tanah di dekat kawasan yang potensial untuk berkembang lebih lanjut sebagai tempat wisata, seperti pantai, pusat oleh-oleh Bantul, air terjun, dan sebagainya.

Tips Membeli Tanah secara Kredit

Untuk membeli tanah dijual Bantul Jogja tentu dibutuhkan banyak modal awal. Namun jangan bingung masalah modal awal, karena salah satu cara cepat jual tanah yang bisa dilakukan oleh pembeli agar bisa mudah mendapatkan tanah tersebut adalah dengan kredit kepemilikan tanah atau kavling. Keuntungan membeli tanah secara kredit adalah:

  • Legalitas dokumen terjamin, karena sudah pasti pihak kreditur (bank) akan ikut meninjau segala dokumen tanah sebelum memutuskan untuk memberi pinjaman.
  • Dokumen tanah tentu saja aman karena dipegang oleh pihak kreditur (bank) sehingga tidak bisa disalahgunakan pihak lain.
  • Kredit biasanya dilindungi oleh asuransi yang memberikan jaminan keamanan transaksi.
  • Lebih hemat jika dibandingkan dengan membeli bangunan secara langsung.
  • Pembayaran yang mudah.

Calon pembeli yang tertarik untuk membeli tanah secara kredit perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Pastikan status tanah bebas sengketa

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pastikan terlebih dahulu bahwa tanah tersebut adalah tanah yang sah dan legal untuk diperjualbelikan. Walaupun dalam hal ini pihak kreditur akan membantu meninjau keabsahan dan status kepemilikan tanah, ada baiknya mengecek terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan calon pembeli maupun penjual untuk melakukan tata cara dan prosedur yang berlaku, sehingga nanti prosedur bisa dilakukan lebih cepat.

  1. Ketahui tata cara pembiayaan dan pembayaran

Calon pembeli dan juga penjual perlu mengetahui tata cara pembiayaan dan pembayaran yang akan terjadi. Misalnya berapa persen jumlah DP yang harus dibayarkan, berapa persen jumlah bunga yang harus ditanggung, sampai apa saja konsekuensi jika pembeli telat membayar kredit. Semua itu perlu diketahui agar di masa yang akan datang tidak ada pihak yang dirugikan.

  1. Sesuaikan dengan pendapatan bulanan

Pastikan pendapatan bulanan tetap aman untuk melakukan kredit tanah ini. Jangan sampai pembeli justru kehabisan dana setiap bulannya untuk kehidupan sehari-hari hanya untuk memiliki sebidang tanah. Utamakan kesejahteraan hidup sehari-hari daripada keinginan investasi yang tidak jelas perencanaannya.

  1. Siapkan cadangan dana

Perlu juga untuk mempersiapkan cadangan dana sebelum mengajukan kredit. Hal ini bisa dilakukan untuk langkah alternatif jika ternyata pihak kreditur (bank) tidak bersedia memberikan kredit kepemilikan tanah pada calon pembeli. Maka cadangan dana mungkin bisa membantu calon pembeli untuk mendapatkan tanah lain yang diinginkan dengan sistem tunai namun dengan harga yang lebih murah.

Demikianlah penjelasan mengenai tips membeli tanah dijual Bantul Jogja secara kredit. Apapun cara yang dipilih untuk mendapatkan hak kepemilikan tanah, lakukan dengan mengikuti hukum yang berlaku. Semoga bisa memberikan ilmu pengetahuan seputar jual beli tanah yang bermanfaat. Selamat berinvestasi.