Tanah dijual di Jogja Utara memang menjadi lokasi yang baik untuk memulai sebuah usaha atau membuka kantor bagi suatu perusahaan. Hal ini berkaitan dengan lokasi Jogja Utara yang kian berkembang dan telah menjadi kawasan ramai di Jogja. Untuk membangun sebuah perusahaan tentu dibutuhkan sebuah tanah dijual di Jogja Utara. Lalu bagaimana cara mendapatkan tanah untuk perusahaan tersebut?

Keuntungan Membeli Tanah Dijual di Jogja Utara

Sebelum mengetahui langkah-langkahnya memperoleh tanah untuk perusahaan, ada baiknya mengetahui telebih dahulu potensi apa saja yang ada di kawasan Jogja Utara. Seperti yang diketahui bersama, Jogja memang menjadi kawasan strategis untuk sektor wisata dan pendidikan. Banyaknya pendatang dari luar Jogja menambah tingkat ekonomi Jogja. Salah satu kawasan yang menyumbangkan ekonomi terbaik di Jogja adalah Jogja Utara.

Di Jogja Utara, hampir semua fasilitas sudah ada. Hal ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakatnya, kebutuhan akan pendidikan, dan juga kebutuhan pariwisata. Banyak perkantoran, industri, perdagangan, dan juga usaha jasa yang berkembang di Jogja Utara. Demikian pula yang terjadi pada sektor pariwisata. Ada banyak objek wisata di Jogja Utara yang semakin berkembang dan mulai bermunculan objek-objek wisata baru di sana. Jogja Utara memiliki beberapa sentra industri, hotel, bahkan fasilitas kesehatan yang baik.

Dengan membangun sebuah usaha atau membuka kantor perusahaan di Jogja Utara, tentu saja akan ada banyak keuntungan yang didapatkan. Singkatnya adalah karena kawasan ini sangat strategis untuk membangun usaha dalam berbagai sektor. Perusahaan di Jogja Utara akan lebih terpandang dengan kemudahan akses yang baik. Oleh karena itu, jangan heran jika sudah tidak ada lagi tanah murah Jogja Utara. Hal ini berkaitan dengan nilai tanah dan harga jual properti di Jogja Utara sudah sangat tinggi.

Memperoleh Tanah untuk Perusahaan dengan Pemindahan Hak

Salah satu cara untuk memperoleh tanah untuk perusahaan di Jogja Utara adalah dengan sistem pemindahan hak. Sistem ini dapat dilakukan jika tanah yang akan dipindah haknya memang benar-benar bersertifikat hak atas tanah. Pemindahan hak tersebut juga bisa dilakukan jika hak atas tanah dialihkan dengan hak atas tanah yang diperlukan oleh perusahaan. Berbeda halnya dengan tanah dijual di Jogja Utara yang akan dijadikan usaha perkebunan. Maka calon pembeli wajib mengurus hak guna usaha. Dengan cara ini, pemilik perusahaan memang tidak akan mendapat hak milik tanah.

Namun, sebelum proses pemindahan hak dilakukan, harus dipastikan terlebih dahulu bahwa hak atas tanah itu memang adalah jenis hak yang bisa dikuasai oleh pemilik perusahaan. Misalnya jika ada pemilik perusahaan yang memiliki Hak Guna Bangunan. Maka dia bisa mengalihkan hak atas tanahnya ke perusahaan lain yang hanya membutuhkan Hak Guna Usaha. Namun, setelah pemindahan hak dilakukan, pemilik perusahaan baru harus mengganti status tanah yang dimilikinya sebagai tanah Hak Guna Usaha.

Agar lebih mudah dalam melakukan transaksi dan prosedur pemindahan hak tersebut, jika pemilik bangunan memang ingin menjual sebagian tanahnya kepada calon pembeli yang ingin menggunakan tanah itu untuk keperluan perkebunan, ada baiknya penjual mengubah dulu status tanahnya menjadi tanah Hak Guna Usaha. Baru setelah hak guna usaha didapat, penjual bisa melakukan cara cepat jual tanah kepada pembeli dengan sistem jual beli tanah biasa. Dengan demikian, pembeli maupun penjual tidak akan kerepotan mengenai sistem pemindahan hak tanah tersebut.

Memperoleh Tanah untuk Perusahaan dengan Pelepasan Hak

Cara kedua untuk mendapatkan tanah untuk perusahaan adalah dengan pelepasan hak. Memperoleh tanah dengan pelepasan hak bisa dilakukan dengan transaksi secara langsung antara penjual dengan pembeli. Namun transaksi ini sedikit berbeda dengan transaksi jual beli tanah biasa. Pemegang hak kepemilikan tanah bisa langsung menjual tanahnya kepada sebuah perusahaan tanpa perlu melakukan perubahan status tanah tersebut. Singkatnya, pelepasan hak adalah sistem ganti rugi. Pemilik tanah akan mendapat ganti rugi dari perusahaan yang ingin memiliki tanahnya.

Namun, pelepasan tanah dari pemilik tanah yang lama ini adalah pelepasan kepada negara. Dalam artian, tanah yang dilepas akan menjadi milik negara. Baru kemudian perusahaan yang ingin mendirikan perusahaan di atas tanah tersebut memberikan ganti rugi pada pemilik tanah, dan mengurus hak guna usaha di tanah tersebut kepada negara. Semua prosedur harus dilakukan secara tertulis dengan saksi notaris atau PPAT. Akan ada perjanjian dan kesepakatan resmi mengenai pelepasan hak atas tanah ini kepada negara yang kemudian diganti rugi oleh sebuah perusahaan.

Itulah penjelasan mengenai langkah-langkah memperoleh tanah dijual di Jogja Utara untuk perusahaan. Apapun cara yang dilakukan untuk mendapatkan hak atas tanah untuk perusahaan, lakukan dengan prosedur dan hukum yang berlaku. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan tambahan wawasan.