Panduan beli rumah baru ternyata sangatlah penting untuk diketahui oleh para pemula dalam hal membeli rumah baik untuk hunian maupun untuk investasi. Kini, apalagi bagi yang sudah mapan bekerja atau sudah membina keluarga memiliki rumah adalah salah satu kebutuhan. Karena memiliki rumah membutuhkan dana yang cukup besar, maka haruslah berhati-hati dalam membelinya. Apalagi bagi yang baru pertama kali hendak membeli rumah, jangan terlalu gegabah dan mengikuti panduan ataupun cara beli rumah baru yang tidaklah rumit seperti yang dibayangkan.

Kini semakin banyak developer yang meyediakan beragam rumah sesuai sebagai salah satu langkah untuk membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat akan rumah. Apalagi nilai jualnya yang selalu meningkat setiap waktunya membuat rumah saat ini banyak diminati bukan untuk tempat hunian saja namun juga sebagai produk investasi.

Panduan beli rumah baru dari developer

Kini semakin banyak pihak yang menyediakan rumah bagi masyarakat baik dari pihak pribadi maupun pihak developer, hal ini membuat terdapat beberapa pihak tidak bertanggungjawab yang justru mengambil keuntungan sepihak dengan melancarkan aksi penipuan. Oleh karenanya, bagi Anda yang hendak membeli rumah dan belum memiliki pengalaman sedikitpun tentang pembelian rumah, ikuti beberapa panduan beli rumah baru berikut ini:

  1. Menggunakan jasa agen real estate

Bagi pembeli rumah pemula yang belum memiliki pengalaman sedikitpun tentang jual beli rumah, bekerjasama dengan agen real estate adalah langkah yang tepat. Konsultasi dengan developer atau agen real estate akan membuka informasi selebar-lebarnya mengenai berbagai urusan rumah termasuk dengan proyek baru yang sedang dikerjakan oleh pihak agen. Anda dapat bertanya mengenai prospek properti khususnya rumah di kawasan tertentu atau yang sedang dikerjakan dalam proyek, kisaran dana atau harga sesuai kawasan dan beberapa informasi yang lainnya. Yang terpenting dalam hal ini adalah memilih agen real estate yang benar-benar mumpuni dan profesional di bidang properti khususnya rumah. Pilihlah agen yang memiliki rekam jejak bagus dan terpercaya.

  1. Menggali informasi lebih jauh tentang pekerjaan kontraktor

Karena perkembangannya sangat pesat, saat ini telah banyak bermunculan developer profesional dengan proyek-royek besar namun juga ada yang belum begitu teruji kualitas dan kredibilitasnya. Salah satu tips membeli rumah baru khususnya yang membeli melalui developer, pastikan dahulu kualitas dan kinerja kontraktor selalu penanggungjawab pembangunan rumah. Tidak ada salahnya jika sesekali atau sering Anda mengunjungi lokasi pembangunan rumah untuk melihat seberapa kredibelnya kinerja para pegawai terutama kontraktor. Jangan lupa pula untuk mengecek legalitas rumah sebelum memutuskan untuk membelinya. Kualitas kinerja kontraktor dan pekerja lain dapat ditanyakan poula melalui testimoni para konsumen sebelum-sebelumnya.

  1. Mempelajari lebih jauh tentang lingkungan sekitar

Rumah merupakan surganya keluarga dan tempat paling nyaman dan aman bagi masing-masing anggota keluarga. Untuk itu, pastikan dalam memilih rumah melakukan beberapa pengecekan lebih jauh tentang lokasi dan lingkungan sekitar dimana rumah tersebut berada. Mengetahui kualitas lingkungan dapat dilakukan dengan melakukan observasi dan mendatangi langsung lokasi. Cek berapa persen tingkat kriminalitas pada area tersebut, bagaimana kualitas lingkungan disana apakah nantinya dapat berdampak positif bagi tumbuh kembang buah hati, bagaimana kelengkapan fasilitas yang tersedia di kawasan rumah tersebut dan informasi tentang hal-hal lainnya.

  1. Usahakan jangan terlalu banyak kustom

Perumahan yang disediakan oleh pihak developer biasanya serupa dari tipe hingga desainnya. Dan pihak developer nantinya akan menyediakan jasa kustomisasi pada tampilan atau denah tentu saja dengan penambahan biaya. Untuk itu, apabila dari awal Anda memang sudah cocok dengan desain dan tipe yang disediakan dan dipilih, maka jangan tergiur dengan tawaran pihak developer tersebut. Apabila memang dirasa perlu diadakan kustomisasi, maka lakukan saja saja perubahan tidak terlalu banyak. Biasanya hanya di bagian eksterior bangunan saja.

  1. Menggali pemahaman tentang denah ruang

Panduan membeli rumah baru selanjutnya adalah dengan menggali informasi mengenai denah ruang yang merupakan pemetaan ruangan yang disertai dengan ukuran serta skalanya. Sebelum memutuskan untuk membeli rumah tersebut, pastikan Anda benar-benar sudah memahami denah rumah baik luar mauun dalam mengenai desain sampai ukuran per ruang. Jangan sampai kecewa setelah memutuskan untuk membeli rumah tersebut hanya karena belum memahami pemetaan rumah sebelum membelinya.

  1. Memastikan soal garansi yang diperoleh

Sudah menjadi hal yang umum jika pihak developer selalu memberikan program garansi pada setiap pembelian rumah. Untuk itu, sebelum membeli hunian tersebut, pelajari dan pastikan dahulu tentang garansi yang diterima. Biasanya garansi diberikan selama 3 bulan setelah rumah resmi menjadi milik pembeli dan garansi tersebut melingkupi bahan bangunan serta pekerjaannya. Namun apabila musim hujan baru tiba dalam waktu tiga bulan atau beberapa bulan kemudian sehingga baru bisa mengeyahui kerusakan saat musim hujan, tanyakan dan pastikan kejelasannya terhadap pihak developer.

  1. Melakukan survey secara langsung

Datangilah rumah yang hendak dibeli dan surveylah semua aspek dengan teliti sebelum melakukan jual beli. Jika Anda tidak atau kurang paham mengenai kualitas bangunan, datanglah dengan orang atau pihak yang mengerti sehingga dapat melakukan pengecekan secara maksimal. jangan sampai menyesal hanya karena tidak ada waktu untuk survey langsung ke unit rumah yang hendak dijual.

Melalui beberapa panduan beli rumah baru di atas, maka kemudahan dalam membeli rumah baik bagi yang sudah berpengalaman ataupun bagi yang belum memiliki pengalaman tentang jual beli rumah sedikitpun dapat berjalan dengan lancar.