Cara menjual tanah di internet merupakan salah satu trik jual beli tanah untuk mendapatkan calon pembeli melalui kemudahan internet. Di era informasi dan teknologi yang kian hari kian berkembang ini, tentu ada kemudahan yang bisa didapatkan. Salah satunya untuk tujuan jual beli tanah. Salah satu keuntungan menjual tanah di internet adalah pemilik tanah bisa jual tanah online gratis dan mudah.

Prinsip Menjual Tanah Lewat Internet

Saat ini adalah zaman digital, yang mana segala bentuk informasi bisa dilakukan dengan gadget dan internet. Kemudahan komunikasi juga bisa didapatkan dengan mudah dari internet tersebut. Hal inilah yang memicu adanya jual beli online yang kian hari kian marak terjadi. Demikian pula dengan jual beli property, salah satunya adalah tanah.

Untuk menjual tanah dan property di internet, memang cukup berbeda dengan jual beli barang atau jasa kebanyakan. Jika jual beli barang atau jasa bisa dilakukan dengan sistem online, dimana penjual bisa mengirimkan barang dagangannya kepada pembeli setelah pembeli melunasi kewajibannya, tidak demikian dengan aset tanah dan property.

Kebanyakan, cara jual tanah lewat online hanya bertujuan untuk mencari atau menarik perhatian para calon pembeli. Baru kemudian calon pembeli dan pembeli harus melakukan transaksi secara offline. Tentu saja harus demikian, karena kepemilikan tanah tidak bisa dialihkan namanya dan diurus hanya dengan mengandalkan sistem online. Kepemilikan tanah harus diurus sesuai dengan prosedur yang berlaku secara hukum.

Bagaimana Cara Menjual Tanah di Internet?

Cara menjual tanah di internet ada banyak sekali yang bisa dilakukan. Berikut penjelasannya.

  • Situs jual beli

Salah satu cara mempromosikan tanah dijual di internet adalah dengan mengunjungi situs jual beli. Saat ini ada banyak sekali situs jual beli yang bisa dimanfaatkan untuk memasang iklan jual tanah di internet. Dan kebanyakan situs jual beli tersebut adalah gratis. Sehingga, pemilik tanah bisa dengan mudah mencari calon pembeli dari situs tersebut.

Cara membuat iklan jual tanah di situs jual beli internet juga terbilang mudah. Biasanya pemilik tanah hanya perlu membuat akun di situs tersebut. Kemudian pemilik tanah bisa mengunggah segala macam hal yang berkaitan dengan tanah tersebut, mulai dari informasi umum mengenai tanah, foto tanah, keunggulan tanah, serta harga yang ditawarkan. Jangan lupa juga untuk mencantumkan nomor yang bisa dihubungi. Dengan demikian jika ada calon pembeli yang tertarik, mereka bisa menghubungi pemilik rumah kapanpun dan dimanapun.

  • Grup media sosial

Cara kedua untuk mempromosikan tanah di internet adalah dengan memanfaatkan media sosial. Saat ini perkembangan media sosial sudah sangat pesat. Apalagi sekarang media sosial ada juga yang memberikan fasilitas atau fitur yang mendukung jual beli secara online. Salah satunya adalah dengan memberikan fitur reply dan kirim pesan secara pribadi. Tentu fitur ini akan memberikan kemudahan komunikasi dua arah bagi penjual maupun pembeli.

Untuk memanfaatkan media sosial, pemilik tanah bisa saja mengunggah iklan di akun pribadinya. Namun cara ini tentu akan lebih terbatas jangkauannya dan kurang tertarget. Maka dari itu, keberadaan grup media sosial cukup membantu. Misalnya dengan memanfaatkan grup facebook. Saat ini ada banyak sekali grup facebook dengan nama-nama yang berbeda. Carilah grup yang memang membahas mengenai jual beli property. Cara lebih singkatnya adalah sebagai berikut.

  1. Datangi tanah yang akan dijual dan ambil foto-foto yang dibutuhkan sebagai dokumen untuk diunggah ke media sosial. Sebisa mungkin ambil foto yang bagus dari berbagai sudut pandang.
  2. Log in ke media sosial seperti facebook. Jika belum memiliki akun, daftarkan diri secara gratis.
  3. Jika sudah berhasil masuk, carilah grup-grup aktif yang kontennya memang membahas mengenai jual beli tanah atau property. Dengan mencari grup tersebut, calon pembeli akan lebih tertarget. Namun ada hal yang harus diperhatikan. Biasanya dalam grup tersebut ada peraturan yang harus dipatuhi. Jika tidak, akun akan dikeluarkan dari grup. Maka dari itu harap berhati-hati.
  4. Pasang iklan di grup tersebut. Unggah seluruh hal yang dibutuhkan untuk menarik perhatian pembaca. Unggah juga foto, informasi, keunggulan tanah, dan juga harga yang ditawarkan. Jangan lupa memasang nomor yang bisa dihubungi agar calon pembeli bisa dengan mudah menghubungi pemilik tanah.
  5. Cepat dan tanggap dalam membalas pesan yang masuk di media sosial tersebut. Atau jika ada calon pembeli yang menghubungi di nomor pribadi, segera angkat dan layani dengan sopan.

Itulah dua cara menjual tanah di internet yang bisa dilakukan. Sebenarnya masih ada cara lain yang bisa dilakukan, misalnya masuk ke forum-forum internet atau membuat blog yang menampilkan informasi tanah tersebut. Namun, cara dengan situs jual beli dan memanfaatkan media sosial ini yang paling cepat dan mudah. Semoga bermanfaat untuk banyak pihak.