Rumah murah Jogja merupakan idaman banyak orang, terutama mereka yang ingin berdomisili di Jogja atau yang ingin memiliki properti di kota tersebut. Rumah murah kebanyakan adalah rumah bekas, sehingga diperlukan beberapa kriteria khusus sebelum melakukan pembelian.

Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Membeli Rumah Murah Jogja

Jogja merupakan salah satu kota besar yang didambakan banyak orang dari luar Jogja untuk membeli properti di sana. Banyak orang yang ingin mencari rumah murah di Jogja yang bisa memenuhi kebutuhan kepemilikan properti mereka. Jogja yang strategis dan memiliki fasilitas lengkap, serta kemudahan warga untuk menjual rumah tersebut di kemudian hari menjadi beberapa alasan utama mengapa ada banyak orang yang ingin memiliki rumah di Jogja.

Sehingga ada banyak juga penjual rumah yang memasang iklan sebagai cara cepat jual rumah. Para penjual ada yang memasang harga tinggi dan ada yang memasang harga rendah. Harga yang rendah dan murah memang menarik perhatian banyak orang. Namun, yang perlu diketahui adalah rumah dengan harga murah tentu saja kondisinya bisa jadi tidak atau kurang layak. Karena kebanyakan rumah murah adalah rumah bekas yang sudah lama tidak dihuni.

Tapi jika calon pembeli mau memperhatikan hal-hal berikut ini, tentu saja dia bisa mendapatkan keuntungan dari harga yang murah tersebut.

  1. Utamakan kenyamanan

Calon pembeli, baik rumah murah ataupun rumah mewah dijual di Jogja tentu harus mengutamakan kenyamanan berhuni. Jikapun rumah itu tidak akan dihuni dalam waktu dekat pun, selalu utamakan kenyamanan. Jangan cepat-cepat tergiur dengan harga yang murah, namun utamakanlah kenyamanan.

Percuma bisa membeli rumah murah jika kenyamanan berhuni di lokasi tersebut ternyata tidak baik. Pastikan selalu apakah lingkungan tersebut adalah lingkungan yang aman dan nyaman untuk dijadikan lokasi berhuni. Jika perlu, pastikan bahwa rumah tersebut dijual murah bukan karena lokasinya yang rawan banjir atau bencana alam lainnya.

  1. Rumah minim renovasi

Selain aspek kenyamanan berhuni, dalam membeli rumah murah, tentu perhatikan terlebih dahulu apakah rumah tersebut kondisinya baik dan layak. Pastikan bahwa rumah tersebut tidak akan membutuhkan banyak renovasi di kemudian hari. Karena biaya untuk renovasi rumah itu juga tidak murah.

Jika pun rumah tersebut memang butuh direnovasi, hitung kasaran biaya yang diperlukan untuk renovasi. Jika harga untuk renovasi masih wajar dan tidak membutuhkan biaya cukup mahal, maka rumah tersebut masih bisa dibeli. Namun jika rumah rusak parah, lebih baik membeli rumah baru atau rumah lain yang lebih layak.

  1. Cermati kondisi fisik bangunan

Banyak rumah dan tanah dijual di Jogja yang dijual dengan harga murah. Namun untuk memastikan apakah harga murah yang ditawarkan itu sesuai dengan keinginan atau tidak, datangi secara langsung ke lokasi. Untuk calon pembeli rumah, ada baiknya selalu mencermati kondisi fisik bangunan sebelum memutuskan untuk membelinya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai fisik bangunan adalah:

  • Genteng rumah, apakah bocor atau tidak.
  • Dinding rumah, apakah kuat atau tidak. Cek juga retakan-retakan yang mungkin saja ada di sekitar rumah.
  • Lantai rumah, apakah rusak atau tidak. Selain itu jika ada noda di lantai, pastikan apakah noda tersebut bisa dibersihkan atau tidak.

Pengecekan terhadap kondisi fisik bangunan akan memudahkan calon pembeli untuk melakukan perbaikan di rumah tersebut jika memang sudah akan ditinggali nantinya.

  1. Sejarah bangunan

Ketahui juga sejarah rumah tersebut. Rumah yang dijual murah tentu memiliki alasan dari pihak penjual. Sebaiknya cari tahu alasan penjual menjual rumah dengan harga murah. Jika penjual tidak mau menceritakannya, cari tahu kepada calon tetangga. Bisa jadi rumah tersebut adalah rumah bekas kebakaran atau rumah bekas kejahatan kriminal.

Sejarah gelap rumah tersebut tentu bisa dijadikan pertimbangan apakah calon pembeli bersedia membeli atau tidak. Jika pembeli mempermasalahkan sejarah rumah, lebih baik tidak membelinya. Namun jika pembeli tidak mempermasalahkan sejarah rumah tersebut, tentu saja harga yang murah ini akan menguntungkannya.

  1. Kelengkapan surat dan sertifikat

Jangan mudah tergiur dengan rumah murah Jogja yang dijual dengan mudah dan murah. Selalu waspada akan tindakan kriminal seperti penipuan, karena di era modern seperti sekarang ada banyak modus kejahatan yang meraja lela. Sebagai calon pembeli cerdas, harus diketahui baik-baik siapa pihak yang menjual rumah tersebut, siapa pemilik sah rumah tersebut, dan apakah surat dan sertifikat rumah lengkap serta bisa dipertanggungjawabkan. Jangan sampai ada keluhan di kemudian hari karena masalah administrasi seperti surat dan sertifikat rumah hanya karena pembeli kurang jeli terhadap properti yang telah dibelinya. Hal ini juga tentu akan merugikan si pembeli nantinya.

Demikianlah 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah murah Jogja. Semoga bermanfaat.