Harga tanah per meter saat ini mungkin semakin lama semakin mahal saja. Apalagi di kota-kota besar yang penduduknya kian hari kian bertambah, sementara lahan kosong kian hari kian berkurang. Banyaknya permintaan akan memicu tingginya harga tanah tersebut. Berikut beberapa kota dengan harga tanah yang mahal.

7 kota dengan harga tanah per meter yang mahal

Tanah merupakan salah satu aset properti yang dapat dijadikan investasi jangka panjang untuk masa depan. Banyak orang yang memiliki tanah dengan tujuan untuk investasi. Selain itu, ada juga yang memiliki tanah karena memang akan dikembangkan sebagai bangunan, lahan perkebunan, pertanian, maupun lokasi peternakan yang baik.

 

Tanah kian hari kian bertambah mahal. Harga tanah per meter tahun 2017 tentu berbeda dengan harga tanah tahun 2016. Hal ini dikarenakan permintaan akan tanah yang terus menerus meningkat setiap tahun. Faktor pemicunya adalah pertambahan pernduduk dan semakin sempitnya lahan kosong. Oleh karena itu, investasi berupa tanah akan memiliki banyak keuntungan, karena harga tanah per meter tidak pernah mengalami penurunan.

Kondisi ini memang akan terus terjadi. Apalagi di kota-kota besar atau kota yang padat penduduknya. Berikut ini adalah beberapa kota dengan harga tanah permeter 2017 yang paling mahal di Indonesia:

  1. Jakarta

Sebagai ibu kota, Jakarta memang selalu dijadikan lokasi untuk mengais rezeki. Banyak orang dari daerah yang merantau ke Jakarta dan menyumbang kepadatan di ibu kota. Tiap tahun jumlah pendatang di Jakarta kian lama kian meningkat saja. Hal ini mempengaruhi pertumbuhan ekonomi lokal yang tinggi. Pertumbuhan ekonomi inilah yang mengakibatkan nilai tanah semakin meningkat tiap tahunnya.

Saat ini, Jakarta memiliki rentang nilai tanah yang paling tinggi. Beberapa daerah di Jakarta bahkan memiliki nilai fluktuasi mencapai 13% per tahunnya. Rata-rata harga tanah di Jakarta adalah sebesar 24,6 juta per meter persegi. Untuk daerah Jakarta Pusat, harga tanahnya bahkan mencapai 25 juta per meter persegi. Namun, untuk daerah Jakarta pinggiran atau Jakarta yang belum terlalu berkembang seperti Jakarta Timur, harga tanahnya masih cukup terjangkau, yaitu rata-rata 5,3 juta per meter persegi.

  1. Surabaya

Surabaya merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta. Tidak heran jika harga jual beli tanahnya kian tahun kian naik dengan tingkat fluktuasi sebesar 8% per tahun. Saat ini, harga jual tanah di Surabaya rata-rata adalah 21 juta per meter persegi untuk daerah industri yang pesat.

  1. Manado

Cara menghitung harga tanah per m2 di Manado berbeda lagi. Di kota ini harga tanahnya adalah sekitar Rp 16 juta per meter persegi. Walau jauh dari pusat pemerintahan di Jawa, Manado memang merupakan kota yang berkembang dan cukup layak untuk diperhitungkan. Buktinya, kota ini merupakan kota ketiga di Indonesia yang harga jual tanahnya tinggi.

  1. Tangerang

Tidak jauh dari Jakarta membuat Tangerang juga berkembang pesat. Apalagi akses ke Tangerang juga sangat mudah. Tangerang juga memiliki bandara internasional dan merupakan pintu gerbang kedatangan sebelum menuju Jakarta. Nilai fluktuasi harga tanah di Tangerang bahkan mencapai 10% per tahunnya. Saat ini harga jual tanah rata-rata di Tangerang adalah kurang lebih 15,9 juta per meter persegi. Bisa dibayangkan beberapa tahun ke depan harga tanah yang akan didapat di Tangerang akan semahal apa.

  1. Depok

Selain Tangerang, Depok juga merupakan kota dekat Jakarta yang terkena imbas dari perkembangan Jakarta. Akibatnya nilai tanah di Depok juga semakin mahal. Apalagi di sana ada banyak fasilitas pendidikan yang berkembang dan terkenal namanya sejak dahulu kala. Banyak mahasiswa dari luar daerah yang datang ke Depok untuk menempuh pendidikan. Harga tanah di Depok saat ini adalah sekitar 15,2 juta per meter persegi. Fluktuasinya per tahun adalah sebesar 8%.

  1. Semarang

Semarang merupakan salah satu ibu kota provinsi yang juga tersohor namanya. Semarang sering dijadikan tujuan para wisatawan. Kota ini juga memiliki nilai tanah yang cukup mahal, dengan tingkat fluktuasi yang besar yaitu mencapai 15% per tahunnya. Harga tanah di kota Semarang ini adalah sekitar 14,8 juta per meter persegi.

  1. Bekasi

Bekasi masih berada pada wilayah Jabodetabek. Walau posisinya cukup jauh dari pusat Jakarta, Bekasi merupakan kota yang saat ini perkembangannya semakin terlihat. Hal inilah yang menyebabkan Bekasi memiliki harga jual tanah yang terus meningkat, dengan nilai fluktuasi sebesar 8% per tahunnya. Saat ini saja harga tanah di Bekasi berkisar antara 14,2 juta per meter persegi. Bisa dibayangkan beberapa tahun lagi harga tanahnya akan meningkat dengan tajam.

Demikianlah beberapa daftar kota di Indonesia dengan harga tanah per meter yang tinggi. Semoga dapat memberikan gambaran mengenai investasi properti.