Jual tanah Jakal Jogja tentu bisa menjadi sebuah bisnis jual beli yang didambakan banyak orang. Hal ini berkaitan dengan lokasi Jakal Jogja yang sangat strategis sehingga di masa yang akan datang tentu akan sangat memiliki prospek nilai jual yang tinggi. Namun tentu dibutuhkan tips agar bisnis jual beli tanah menjadi lebih lancar.

Keuntungan Bisnis Jual Tanah Jakal Jogja (Jalan Kaliurang)

Secara umum, Jogja merupakan sebuah kota besar yang kian hari kian berkembang. Didukung oleh basis wisata dan pendidikan, banyak masyarakat dari luar daerah yang mengenal dan mendatangi Jogja. Akibatnya, permintaan ruang di Jogja juga tinggi. Hal ini mempengaruhi kenaikan harga tanah dan properti lainnya. Tidak heran jika di Jogja ada banyak pemilik tanah yang memiliki kiat dan cara cepat jual tanah.

Salah satu kawasan di Jogja yang memiliki prospek tinggi sebagai aset investasi adalah Jakal. Lokasi Jakal Jogja adalah satu kawasan yang memiliki fasilitas lengkap, dan kian waktu kian bertambah ramai. Hal ini berkaitan dengan lokasi Jakal Jogja yang strategis karena banyaknya spot potensial untuk mengembangkan usaha. Misalnya usaha makanan, penginapan, hotel, mal, atau pertokoan lain. Hal ini dikarenakan kawasan Jakal adalah kawasan dekat kampus.

Harga tanah murah Jakal Jogja terus bersaing dan kompetitif. Kian hari harga properti dan tanah kian bertambah mahal di Jakal Jogja. Tidak heran, karena keuntungan yang akan dihasilkan di jangka panjang juga akan terus menguntungkan. Saat ini saja harga tanah di Jakal sudah cukup mahal. Apalagi di beberapa tahun berikutnya. Tentu keuntungan akan didapatkan berkali lipat. Maka, jika memiliki tanah di Jakal Jogja, gunakan itu untuk aset investasi. Namun jika memang ingin jual tanah Jakal Jogja, tentukan harga yang pas agar tidak ada kerugian.

Tips Membeli tanah di Jakal Jogja

Bagi orang yang berencana memiliki aset tanah di Jakal Jogja, tentulah diperlukan sebuah transaksi jual beli. Calon pembeli harus mengetahui cara yang tepat untuk memiliki atau membeli tanah dijual di Jakal Jogja agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. Berikut tips yang bisa dilakukan:

  1. Jangan terburu-buru

Perbanyak referensi dan survey serta perbandingan mengenai harga, nilai, dan lokasi tanah, karena banyak pilihan tanah yang di jual di Jakal. Carilah lokasi yang paling strategis untuk beberapa tahun ke depan. Hal ini tentu penting untuk keperluan investasi dan memperbanyak keuntungan jika tanah akan dijual di masa depan.

  1. Jangan membeli tanah kavling

Tanah kavling adalah tanah yang sudah diolah. Biasanya tanah kavling sudah dipatok harga mahal oleh pengembang. Jika memang ingin membeli tanah untuk investasi, belilah tanah yang masih murni. Jangan beli tanah kavling, karena tidak cukup menguntungkan. Kecuali jika memang ingin membeli untuk dibangun sebuah rumah atau bangunan.

  1. Jual butuh

Jika perlu, cari penjual yang mau menjual tanahnya karena jual butuh. Hal ini akan menguntungkan karena jual butuh pasti mematok harga yang jauh lebih murah dari harga pasar.

  1. Prediksi keuntungan

Perkirakan secara pasti keuntungan di masa yang akan datang. Misalnya jika tanah akan dijual di 3 tahun mendatang dengan minimal keuntungan mencapai 17%. Jika harga di masa depan memenuhi target, maka tanah tersebut pasti potensial di jadikan investasi.

  1. Jangan sembarangan memilih posisi tanah

Posisi tanah juga sangat penting. Tanah di tepi jalan akan lebih memiliki potensi kenaikan harga yang tinggi di kemudian hari. Berbeda dengan tanah di tepi sungai, atau di bawah menara SUTET. Jangan juga membeli tanah di area pabrik yang memproduksi bahan-bahan yang mudah terbakar. Posisi tanah juga harus jauh dari tempat pembuangan sampah umum.

  1. Pilih lokasi strategis

Sebaliknya, pilihlah lokasi yang strategis, misalnya lokasi yang berada tepat di tepi jalan raya. Tanah di depan jalan raya akan lebih menjual. Selain harganya di masa depan akan tinggi, selama tanah tidak dijual pun bisa dijadikan lokasi yang menghasilkan uang. Misalnya dengan menyewakan sebagai lahan parkir, membuka warung makanan, dan sebagainya.

  1. Periksa teritorial tanah

Pastikan bahwa area di sekitar lahan adalah area yang aman. Pastikan juga bahwa daerah tersebut tidak berada pada daerah konflik.

  1. Cek keaslian sertifikat

Hal ini juga sangat penting sebelum membeli tanah untuk mengurangi risiko penipuan. Pastikan penjual memiliki surat-surat yang lengkap. Pastikan juga tanah tersebut terdaftar di BPN.

  1. Lakukan perjanjian dengan penjual

Jika sudah akan dilakukan transaksi, lakukan perjanjian terlebih dahulu dengan penjual. Mintalah kesepakatan umum seputar transaksi. Misalnya, membayar DP terlebih dahulu sekian persen dengan jaminan bahwa pelunasan akan dilakukan setelah surat dan sertifikat balik nama selesai.

Itulah keuntungan bisnis jual tanah Jakal Jogja dan trik pembelian tanah yang aman dan nyaman. Semoga bermanfaat.