Jual tanah strategis di Jogja menjadi bisnis yang menggiurkan. Hal ini didukung oleh potensi Jogja sebagai daerah yang kian hari menjadi kian ramai dengan pertumbuhan permintaan akan hunian yang terus meningkat. Membeli tanah untuk hunian di Jogja tentu akan menguntungkan karena banyak fasilitas yang mendukung kehidupan sehari-hari.

Mengapa Jual Tanah Strategis di Jogja Menguntungkan?

Jogja merupakan sebuah kawasan yang sangat potensial untuk dikembangkan lebih lanjut. Beberapa tahun terakhir, Jogja yang sudah lama dikenal sebagai kota wisata ini kian diminati banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Oleh karena itu banyak pendatang dari luar Jogja yang mulai jatuh cinta pada Jogja. Dan bukan hal yang mustahil jika mereka akan kembali lagi ke Jogja untuk berwisata di waktu yang akan datang.

Selain itu, jogja sebagai kota pelajar juga cukup memberikan andil yang besar dalam mengembangkan Jogja. Mahasiswa pendatang yang belajar di Jogja datang silih berganti dan mengisi kebutuhan hunian di Jogja. Keberadaan mereka mau tidak mau memicu kebutuhan hunian, sehingga muncullah banyak usaha yang berkembang. Hal ini memicu juga harga tanah dan properti di Jogja, khususnya daerah strategis Jogja seperti Sleman, Godean, Kaliurang, Gedong Kuning, Setoran, dan sebagainya.

Tidak heran mengapa di kawasan strategis Jogja ada banyak tanah murah Jogja yang kini menjadi sangat mahal. Oleh sebab itu, memiliki tanah di kawasan strategis Jogja akan menguntungkan. Bukan hanya menguntungkan penjual saja, melainkan juga pembeli untuk keperluan investasi di masa depan. Selain itu pembeli juga bisa membangun hunian di kawasan strategis tersebut.

Tanah Strategis di Jogja untuk Hunian

Salah satu keuntungan jika berhasil membeli tanah dijual di Jogja adalah untuk hunian. Mungkin banyak orang yang lebih suka membeli rumah untuk hunian daripada tanah, karena memang mereka tidak perlu repot-repot membangun rumah dari awal. Namun, membeli tanah untuk hunian juga bisa menguntungkan. Salah satunya adalah karena pembeli bisa membangun rumah sesuai selera sendiri. Selain itu pembeli juga bisa menyewa jasa arsitek untuk membuatkan desain rumah yang baik.

Rumah yang dibuat sesuai selera tentu akan berbeda dengan rumah yang dibeli dari orang lain. Ada kepuasan batin. Namun, pembeli harus bisa mempertimbangkan tanah mana yang baik untuk dijadikan hunian. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan tips-tips berikut ini:

  1. Pertimbangkan, apakah tanah yang akan dibeli pasti berkembang di masa yang akan datang. Jika tanah dijual di daerah strategis Jogja, tentu akan berbeda prospeknya jika dibandingkan dengan tanah yang dijual di daerah pinggiran Jogja. Oleh karena itu, perlu dilakukan pertimbangan yang matang.
  2. Perhatikan kondisi sosial di sekitar lokasi. Pastikan juga tingkat keamanan di sana. Selama berhuni, tentu diperlukan suasana yang nyaman dan kondisi sosial yang baik. Semua itu akan memberikan manfaat secara fisik dan psikologis penghuni rumah.
  3. Jika penjual memang ingin menjual tanah dengan cara cepat jual tanah dan pembeli memang tertarik membelinya, namun belum ingin membangun dalam jangka waktu dekat, pastikan bahwa tanah tersebut bisa berkembang di beberapa tahun yang akan datang.
  4. Pilih lokasi tanah yang jauh dari fasilitas berbahaya seperti SUTET, rel kereta api, atau pipa gas. Pastikan juga bahwa tanah tersebut aman dari bencana atau tidak berada di kawasan bencana alam. Tentu penghuni rumah ingin anggota keluarganya aman dan nyaman.
  5. Pilihlah tanah yang permukaannya baik yaitu tanah yang bisa mengalirkan air dengan baik. Pilih juga tanah yang bebas banjir dan jauh dari sungai. Setidaknya, pastikan bahwa saluran air di sekitar lokasi benar-benar baik dan tidak pernah ada sejarah buruk di lokasi tersebut. Hal ini berfungsi untuk mencegah masalah banjir dan genangan air yang merugikan.
  6. Cek juga kontur tanah tersebut. Jika tanah terlalu miring dan curam, sebaiknya tidak dibeli, karena dalam membangun akan dibutuhkan tanah urug yang banyak dan mahal. Usahakan kontur tanah cenderung rata. Pastikan juga jenis tanah. Apakah tanah termasuk tanah labil atau stabil. Untuk rumah, lebih baik memilih tanah yang stabil.
  7. Perhatikan juga keabsahan status kepemilikan tanah serta surat-surat berharga dari pemilik tanah sebelumnya. Hindari kerugian dari jual tanah strategis di Jogja dengan sangat teliti. Hal ini penting untuk mengurangi risiko penipuan, mengingat di zaman sekarang ada banyak sekali modus penipuan berkedok jual beli tanah dan properti.
  8. Lakukan transaksi sesuai dengan prosedur dari pejabat PPAT maupun kantor pertanahan agar semua berkas bisa diurus secara legal dan sah. Hal ini akan menguntungkan penjual dan pembeli.

Demikianlah penjelasan mengenai jual tanah strategis di Jogja untuk hunian. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan wawasan baru mengenai jual beli tanah.