Tanah dijual di Jogja murah tentu menjadi incaran banyak orang. Baik itu pihak pribadi maupun perusahaan besar, pasti banyak pihak yang tertarik untuk memiliki tanah di Jogja. Apalagi jika harganya murah. Kebanyakan tanah di Jogja bisa dijadikan peluang investasi jangka panjang. Lalu apa saja tips investasi tanah jangka panjang? Simak penjelasan berikut ini.

Keuntungan Beli Tanah Dijual di Jogja Murah

Jogja menjadi sebuah kawasan padat penduduk yang kian hari kian berkembang. Hal ini diperkuat dengan status Jogja sebagai kota wisata dan kota pendidikan. Ada banyak orang yang hilir mudik di Jogja, baik sebagai wisatawan yang tidak menetap lama maupun sebagai pendatang dari luar daerah yang mungkin akan menetap beberapa tahun di Jogja. Tentu keadaan tersebut berdampak pada perkembangan Jogja yang dituntut untuk bisa memberikan pelayanan kebutuhan yang baik bagi masyarakatnya.

Tidak heran jika saat ini tanah dijual di Jogja murah sangat diinginkan banyak pihak, baik orang secara pribadi maupun kelompok orang yang bernaung pada perusahaan. Tujuannya tentu saja adalah untuk mendapatkan keuntungan dari investasi tanah jangka panjang di Jogja. Mengapa? Karena Jogja memiliki prospek yang tinggi dan besar untuk dijadikan lokasi investasi yang menjanjikan.

Apalagi saat ini Jogja sudah sangat padat. Banyak hotel, penginapan, dan lokasi usaha lain yang menjanjikan keuntungan berlipat ganda. Di daerah kampus juga banyak usaha rumahan dan usaha hunian mahasiswa seperti rumah kost yang juga menjanjikan keuntungan setiap tahunnya. Maka, saat ini sudah jarang ditemui penjual tanah murah Jogja karena nilai jual tanah di Jogja dan sekitarnya memang sudah meningkat beberapa tahun terakhir.

Tips Investasi Tanah Jangka Panjang

Tanah dijual di Jogja murah biasanya dijadikan ladang investasi jangka panjang oleh pembelinya. Investasi tanah jangka panjang memang merupakan salah satu jenis investasi yang menarik dan keuntungannya diklaim lebih baik daripada investasi emas. Banyak orang yang ingin memiliki tanah sebagai tabungan di masa depan yang tidak bergerak. Namun, untuk berinvestasi dalam bidang pertanahan, bukan hanya cara cepat jual tanah yang perlu diketahui, namun juga tips investasinya. Simak penjelasan berikut ini:

  1. Manfaatkan sifat fleksibel tanah

Tanah memiliki sifat yang fleksibel yang bisa diolah dengan banyak cara untuk semakin mendapatkan pendapatan pasif lebih. Misalnya dengan menyewakan tanah tersebut untuk lahan parkir. Selain itu, lokasi tanah yang berada di dekat jalan raya juga bisa dijadikan ladang usaha yang berhasil seperti dengan membangun rumah makan atau ruko. Manfaatkan sifat fleksibel tanah tersebut untuk mendapatkan nilai investasi yang lebih banyak di masa yang akan datang.

  1. Ketahui nilai tanah

Yang dimaksud nilai tanah disini bukan hanya harganya saat ini, melainkan juga tingkat kenaikan harganya di masa yang akan datang. Carilah informasi mengenai lokasi tersebut dari tahun yang lalu hingga tahun saat ini. Maka akan bisa didapatkan rata-rata kenaikan harga tanah dari tahun ke tahun. Di Jogja sendiri, kenaikan harga tanah bahkan bisa mencapai 30% hingga 40% per tahunnya. Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada keuntungan investasi jangka panjang nantinya.

  1. Mengetahui jangka waktu investasi

Jika calon pembeli memang berniat untuk membeli tanah sebagai ladang investasi jangka panjang dan bukan hanya dipergunakan untuk tabungan biasa, maka penting dipikirkan jangka waktu investasinya. Hal ini harus dilakukan karena pencairan dana dalam investasi tanah itu tidak semudah pencairan dana pada investasi lain seperti emas. Tentukan jangka waktu investasi yang diharapkan. Misalnya 5 tahun. Maka, setelah 5 tahun, tanah tersebut harus dijual. Hasil penjualan bisa digunakan untuk mencari tanah baru yang mungkin lebih prospektif untuk dikembangkan.

  1. Ketahui modal awal

Berinvestasi tanah tentu membutuhkan modal awal yang tidak sedikit. Modal ini pula yang membuat kebanyakan orang mengurungkan niatnya untuk investasi tanah. Untuk mengatasi hal ini, calon pembeli bisa membeli tanah yang harganya masih murah namun harus dipastikan bahwa lokasi tersebut akan berkembang di beberapa tahun berikutnya. Hal ini penting dan harus terpenuhi, karena percuma memiliki tanah murah jika di masa depan tanah tersebut tidak potensial untuk dikembangkan.

  1. Pastikan keabsahan tanah

Tanah yang akan dibeli untuk urusan investasi haruslah memiliki surat-surat yang lengkap karena semua ini berkaitan dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Cek selalu keabsahan tanah sebelum melakukan transaksi. Selain itu patuhi hukum yang berlaku selama proses jual beli dilakukan. Jangan melanggar hukum, karena bisa jadi tanah akan bermasalah di kemudian hari.

Demikianlah penjelasan mengenai investasi tanah dijual di Jogja murah jangka panjang yang tentu akan menguntungkan beserta tips-tipsnya. Semoga bisa memberikan pengetahuan yang bermanfaat.