Rumah minimalis 1 lantai tampak depan haruslah terlihat menarik agar rumah secara visual dapat memenuhi kebutuhan dan selera penghuni rumah. Selain itu, rumah yang memperhatikan keindahan pada tampilan muka bangunan akan lebih berkesan modern dan lebih nyaman untuk dilihat. Oleh karena itu, perlu dicari referensi mengenai macam macam rumah tampak depan untuk memberikan inspirasi rumah terbaik.

Mengapa perlu memperhatikan rumah minimalis 1 lantai tampak depan?

Rumah menjadi sebuah kebutuhan yang wajib terpenuhi. Itulah sebabnya saat ini banyak masyarakat yang sedang gencar mencari rumah yang bisa dibeli, baik dengan sistem KPR ataupun tunai. Namun ada banyak orang juga yang ingin membangun sendiri rumahnya dan tidak ingin membeli rumah di perumahan atau rumah yang sudah jadi.

Namun, untuk orang-orang yang ingin membangun sendiri rumahnya, mungkin banyak orang yang merasa tidak perlu memperhatikan tampilan muka bangunan, asalkan kebutuhan dan fungsi ruang dalam bangunan bisa terpenuhi. Pendapat seperti itu memang tidak salah. Namun, ada baiknya tampak depan sebuah rumah tetap diperhatikan.

Salah satu syarat agar rumah bisa terlihat ideal adalah dari tampilannya secara fisik. Tampilan fisik ini bisa memberikan kenyamanan visual yang berdampak baik bagi penghuni rumah maupun bagi orang yang lewat. Rumah dengan tampak depan yang baik tentu bisa memperlihatkan konsep minimalis yang sesungguhnya. Rumah dengan tampak depan yang menarik juga bisa mengesankan kebersihan dan keasrian yang baik.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mulai memperhatikan rumah minimalis 1 lantai tampak depan secara fisik. Untuk membentuk kesan visual yang layak dan baik, referensi dari beberapa photo rumah minimalis dapat dicari. Selain itu, perlu kiranya memperhatikan keinginan, kebutuhan, dan selera masing-masing anggota keluarga. Tujuannya untuk menentukan keputusan desain yang benar-benar cocok dan adil bagi semua penghuni rumah.

Cara mengolah tampak depan rumah minimalis

Untuk mendapatkan konsep desain tampak depan rumah minimalis yang tepat, diperlukan beberapa tips dan trik yang dapat dipilih sebagai alternatif dalam menentukan keputusan desain yang baik dan menarik. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain:

  1. Perpaduan taman dengan tampak depan rumah

Tampak depan sebuah bangunan tidak bisa dipisahkan dengan elemen lain yang berada di hadapannya, seperti taman depan rumah. Oleh karena itu, perlu kiranya memadukan tampilan muka bangunan yang ada dengan penataan taman yang baik. Penataan taman yang baik ini bisa ditentukan dengan pemilihan jenis tanaman yang sesuai atau dengan pola penempatan jenis tanaman tertentu pada spot-spot tertentu agar terlihat lebih indah dan asri.

  1. Perpaduan ornamen yang sesuai

Cara lainnya adalah dengan memadukan tampak depan rumah dengan ornamen yang sesuai. Ornamen yang dimaksud ini bisa berupa bentuk jendela, desain daun pintu, atau bentukan ventilasi. Jika terdapat ventilasi berupa roster, maka bentuk roster juga harus disesuaikan dengan kebutuhan visual dari sebuah rumah minimalis. Demikian juga dengan desain daun pintu atau jendela. Sebisa mungkin gunakan daun pintu dan bentuk jendela yang sesuai dengan konsep minimalis.

  1. Perpaduan warna yang tepat dan indah

Tampak depan dari sebuah rumah bisa dikatakan indah dan ideal jika perpaduan warna yang digunakan tepat dan akurat. Untuk rumah minimalis, ada baiknya menggunakan perpaduan warna dari warna-warna netral seperti krem, abu-abu, dan putih. Selain itu warna tersebut juga bisa dipadukan dengan warna lain yang lebih gelap. Namun penggunaan warna gelap hanya bisa diletakkan sebagai hiasan, dan bukan sebagai warna dasar. Misalnya untuk rumah dengan warna dasar krem, bisa dipadukan dengan warna cokelat. Atau warna putih yang dipadukan dengan warna abu-abu gelap.

  1. Perpaduan dengan material lain

Rumah minimalis tampak depan dengan batu alam juga bisa menjadi solusi yang tepat untuk menata tampilan muka bangunan dari sebuah rumah. Batu alam itu ada banyak bentuk, jenis, dan warnanya. Pilihlah material yang benar-benar sesuai dengan kesan visual yang diinginkan. Jika rumah akan dicat dengan warna krem atau putih, maka pilihan batu pualam krem adalah yang paling tepat. Namun jika rumah akan dicat dengan warna abu-abu sebagai warna dasar, maka pilihan batu alam berwarna hitam dapat dijadikan alternatif yang baik.

  1. Perpaduan tampak dengan desain pagar

Pagar merupakan salah satu elemen yang secara langsung mempengaruhi tampilan muka bangunan. Sebisa mungkin desain pagar dengan bentuk dan ukuran yang tepat agar kebutuhan visual pada rumah tetap terjaga. Jangan gunakan pagar yang terlalu tinggi atau yang terlalu padat, karena akan menutupi tampak depan rumah yang indah.

Demikianlah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengolah rumah minimalis 1 lantai tampak depan agar memiliki tampilan yang indah dan sesuai dengan selera. Semoga bermanfaat.