Rumah minimalis tampak depan memang akan memberikan sebuah kesan pada setiap rumah. Tampak depan dari sebuah rumah akan memberikan keuntungan tersendiri jika diolah dengan baik. Orang yang melihat tampak depan rumah minimalis mungkin akan lebih merasakan aura elegan dan modern. Oleh karena itu, berikut ini ada macam macam rumah tampak depan yang bisa dijadikan referensi desain.

Alasan memperhatikan tampak depan rumah

Salah satu syarat dari rumah ideal adalah mampu dihuni dengan nyaman oleh pemiliknya. Aspek kenyamanan itu sendiri ternyata tidak hanya bisa didapatkan dari rumah-rumah yang luas atau yang mewah saja, melainkan dari tata rumah dan tampilan rumah yang bersih dan asri. Rumah yang memiliki tampilan yang asri pasti bisa memberikan kenyamanan berhuni bagi penghuninya.

Salah satu cara untuk membentuk konsep rumah yang asri adalah dengan memperhatikan tampilan muka bangunan atau tampak depannya. Hal ini akan memberikan peranan yang penting untuk menilai rumah ideal. Rumah yang memiliki tampilan muka bangunan yang baik pasti akan bisa memberikan kenyamanan visual, baik bagi penghuni maupun bagi orang lain yang melihatnya. Sebaliknya, rumah yang tampilan muka bangunannya tidak menarik, maka kenyamanan visual tersebut tidak akan didapatkan. Jika kenyamanan visual tidak didapatkan biasanya kenyamanan di dalam rumahnya juga tidak akan diperhatikan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan tampak depan rumah. Cara yang bisa dilakukan untuk membuat tampak depan menjadi ideal adalah dengan menentukan warna dinding dan ornamentasi depan bangunan. Namun untuk jenis-jenis rumah tertentu, pengolahan tampak bangunan cukup dengan menggunakan perpaduan dari taman depan rumah. Jika taman depan rumah diolah dengan baik dan dengan jenis tanaman yang tepat, maka tampak depan rumah akan baik juga. Namun, ada baiknya bukan hanya tampak depan yang diperhatikan, melainkan juga rumah minimalis tampak depan samping belakang. Apalagi untuk rumah yang berada di pojokan jalan.

Contoh dan cara mengolah rumah minimalis tampak depan

Bagi Anda yang ingin mendesain tampak depan rumah minimalis, berikut ini ada beberapa cara mengolah tampak depan rumah minimalis agar mampu memberikan konsep tata visual yang bisa dilakukan.

  1. Rumah minimalis dengan memadukan taman dan tampilan bangunan

Beberapa konsep tampak depan rumah minimalis berhasil dengan memadukan tampilan muka bangunan dan elemen taman yang berada di depan rumah. Jika rumah didesain sederhana, namun tata taman depannya diperhatikan, maka tampak depan rumah tersebut tentu akan terlihat menawan. Apalagi jika tanaman yang dipilih benar-benar terlihat elegant dan tidak asal ditanam di sembarang titik. Rumah minimalis ini tentu akan mendapatkan nilai plus dari keberhasilan tata tamannya sehingga mempengaruhi keindahan visual pada tampak depan bangunannya.

  1. Rumah minimalis dengan ornamentasi pada tampak depan

Beberapa konsep tampak depan dari rumah minimalis juga bisa didapatkan dengan memberikan ornamentasi yang baik pada bagian muka bangunan. Ornamentasi itu bisa didapatkan dengan memberikan elemen double fasade, misalnya dengan melapisi elemen jendela di lantai dua dengan lapisan jalusi atau dengan memilih bentuk ventilasi yang menarik. Cara lain adalah dengan membuat ornamen berupa garis-garis vertikal maupun horizontal dengan cara yang tepat dan ideal.

  1. Rumah minimalis tampak depan dengan batu alam

Salah satu cara mengolah tampak depan bangunan adalah dengan memberikan sentuhan batu alam yang menarik. Untuk rumah minimalis, batu alam bisa diletakkan di dinding bagian luar rumah. Batu alam yang digunakan harus disesuaikan warna dan ukurannya. Peletakan batu alam yang tepat akan membuat rumah terlihat lebih menawan. Batu alam ini juga bisa memberikan kesan yang tidak terlalu meriah, namun tetap elegan.

  1. Rumah minimalis tampak depan dengan desain pagar yang tepat

Beberapa rumah yang memiliki tampak depan menarik ternyata tidak perlu berpikir rumit, cukup dengan membuat desain pagar yang unik dan menarik. Seperti yang diketahui bersama, pagar merupakan salah satu elemen rumah yang berada di paling depan rumah. Pagar juga menutupi rumah secara visual. Apalagi pagar yang tinggi. Maka, percuma membuat desain rumah yang menarik jika pada akhirnya ditutupi juga oleh pagar. Maka dari itu, solusi terbaik adalah dengan membuat desain pagar yang menarik.

  1. Rumah minimalis dengan perpaduan warna yang tepat

Cara selanjutnya adalah dengan memadukan warna-warna secara tepat. Rumah minimalis agar tampil elegan sebenarnya tidak perlu memadukan banyak warna. cukup dua warna saja. Dua warna yang dipadukan dengan cara yang tepat akan membentuk tampilan visual yang baik untuk tampak depan rumah tersebut.

Itulah beberapa contoh rumah minimalis tampak depan yang bisa dijadikan referensi untuk membuat desain rumah yang modern dan nyaman. Semoga artikel ini bermanfaat.