Denah rumah modern minimalis banyak dicari orang, karena memang saat ini pola kehidupan sebisa mungkin dilakukan dengan praktis. Apalagi untuk pasangan yang baru menikah atau keluarga muda yang ingin memiliki rumah sendiri. Berikut ini ada beberapa contoh denah rumah minimalis yang cocok untuk keluarga muda.

Denah Rumah Modern Minimalis

Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Namun saat ini harga rumah kian hari kian bertambah mahal saja. Walau ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh perusahaan pengembang agar konsumen dapat membeli rumah, tetap saja harga rumah masih belum terjangkau. Terutama untuk pasangan muda yang baru menikah.

Namun, salah satu solusi untuk memiliki rumah bisa dilakukan, yaitu dengan membangun sendiri rumah sederhana. Walau ukurannya tidak terlalu luas, rumah tersebut masih bisa memenuhi kebutuhan berumah tangga. Berikut ini ada beberapa kumpulan desain rumah minimalis sederhana yang cocok untuk ukuran kavling yang kecil:

  1. Rumah minimalis dengan kavling 6 x 12 meter (dapur terbuka)

Jika memiliki kavling tanah yang tidak begitu luas, tidak perlu cemas, karena tapak yang sempit pun bisa diolah menjadi satu bentuk rumah sederhana dengan dua kamar dan satu kamar mandi, lengkap dengan ruang tamu dan bahkan taman belakang. Dapur bisa diletakkan di belakang rumah dan terbuka, bersatu dengan taman belakang. Hal ini tidak hanya akan aman, melainkan juga akan membuat asap dari dapur bisa langsung naik ke udara bebas.

  1. Rumah dengan kavling yang lebih luas (taman di tengah rumah)

Jika memiliki kavling tanah yang lebih luas, cobalah untuk membuat desain denah rumah modern minimalis dengan konsep taman di dalam rumah. Keberadaan taman di dalam rumah akan membuat suasana nyaman selama berhuni di dalam rumah. Selain itu tanaman di dalam rumah juga akan membersihkan udara kotor secara alami, sehingga udara menjadi lebih sehat.

  1. Rumah dengan kavling yang lebih luas (konsep kamar mandi dan dapur yang luas)

Jika memiliki kavling tanah yang lebih luas, alternatif lainnya adalah dengan membentuk ruang kamar mandi atau dapur yang lebih luas. Kamar mandi yang luas bisa didesain dengan kamar mandi plus bathtub. Sedangkan dapur yang luas tentu akan memudahkan proses membuat makanan nantinya.

  1. Rumah minimalis sederhana (material yang berbeda)

Jika desain denah rumah 2 kamar yang dikehendaki sangat sederhana dan simpel, cara yang bisa dilakukan untuk membentuk konsep rumah yang berbeda adalah dengan menggunakan material finishing yang berbeda. Misalnya untuk lantai bisa dilapisi dengan kayu parket, bukan dengan keramik seperti kebanyakan rumah. Kayu akan membuat lantai hangat dan elegan.

  1. Rumah sederhana dengan taman belakang yang luas

Bila ukuran kavling masih memungkinkan, desain rumah tersebut dengan taman belakang yang luas. Taman belakang yang luas tidak hanya akan membuat rumah nampak sejuk, namun juga sehat karena bisa menetralisir udara kotor dan polusi yang ada di sekitarnya.

  1. Desain rumah dengan rencana kamar anak

Walau masih merupakan keluarga muda atau pasangan yang baru menikah, jangan pernah lupakan bahwa nanti juga akan ada keturunan atau anggota keluarga baru. Oleh sebab itu, kamar anak tetap harus diperhatikan keberadaannya. Jangan sampai hanya membuat rumah dengan satu kamar saja. Setidaknya buat rumah dengan dua kamar.

  1. Desain rumah dengan rencana penambahan lantai

Biasanya pasangan yang baru menikah hanya membutuhkan satu lantai rumah untuk kehidupan sehari-hari. Namun di masa depan, bukan tidak mungkin kebutuhan rumah bertambah. Mungkin saja karena jumlah anak banyak. Oleh karena itu, desain rumah juga perlu kiranya untuk memikirkan rencana ke depan jika ingin menambahkan lantai. Oleh karena itu, harus ada bayangan dimana letak tangga dan struktur bangunan bawah yang kuat untuk menopang lantai kedua nantinya.

  1. Model rumah sangat sederhana

Biasanya model rumah sangat sederhana ini tidak memiliki taman belakang, karena memang kavling yang tersedia sangat kecil. Namun, jika diolah dengan baik, rumah sederhana ini bisa menampung dua kapar tidur, satu kamar mandi, ruang tamu, dan juga dapur plus ruang makan.

  1. Desain dapur minimalis hemat ruang

Jika memiliki ide untuk memperluas area kamar tidur, namun tapak yang dimiliki tidak begitu luas, salah satu solusinya adalah menghemat ruang dapur, yaitu dengan membuat meja bar atau menggabung meja makan dengan meja dapur.

  1. Taman depan dan belakang yang luas

Ada juga keluarga yang ingin memiliki taman depan dan belakang yang luas. Hal ini bisa saja dilakukan, yaitu dengan mempersempit rumah itu sendiri. Namun hal ini akan memudahkan di masa depan jika sewaktu-waktu pemilik rumah akan menambah ruang.

Itulah beberapa denah rumah modern minimalis yang cocok untuk pasangan muda yang baru menikah. Semoga artikel ini bermanfaat.