Macam macam rumah tampak depan ada banyak sekali yang bisa dijadikan referensi. Namun setelah mendapatkan referensi, perlu dilakukan beberapa cara dalam mendesain tampak depan rumah minimalis agar dapat menciptakan sebuah gambar rumah minimalis sederhana yang sesuai dengan selera.

Macam-macam rumah tampak depan minimalis

Mungkin, ada banyak orang yang merasa sulit saat sudah mulai harus mendesain tampak muka bangunan dari rumah minimalis. Biasanya kesulitan itu hadir bukan karena tidak memiliki ide, melainkan karena terlalu banyak ide atau referensi yang dicari. Saat ini, memang banyak dijumpai photo rumah minimalis yang bisa dijadikan referensi untuk mengembangkan desain rumah minimalis yang sesuai dengan harapan. Namun terlalu banyak referensi kadang juga membuat seseorang bingung untuk mengembangkannya.

Maka dari itu, berikut ini ada beberapa cara atau tahapan desain yang bisa digunakan untuk mengembangkan tampak rumah minimalis dengan baik. Simak penjelasannya berikut ini.

 

  1. Mengumpulkan referensi

Mungkin cara pertama ini sudah dilakukan, bahkan sebelum mulai membuat denah rumah. Biasanya memang ada macam macam rumah tampak depan baik di internet, brosur, majalah, dan sebagainya yang menarik. Sebisa mungkin jangan gunakan semua referensi yang ada. Pilih saa beberapa referensi yang benar-benar sesuai dengan selera. Jika ingin mendesain rumah 1 lantai, gunakan referensi rumah 1 lantai. Begitu juga jika ingin mendesain rumah 2 lantai. Cari referensi rumah 2 lantai saja.

  1. Pilih satu referensi sesuai selera

Dari banyaknya referensi yang ditemukan dari langkah pertama, lakukan pemilihan yang benar-benar akurat. Pilih satu saja desain rumah yang diinginkan, misalnya rumah minimalis tampak depan dengan batu alam.

  1. Pilih satu referensi lagi yang denahnya mirip

Berikutnya, pilih satu referensi lagi dari tampak rumah minimalis yang denahnya mirip penataannya dengan denah rumah yang sudah dibuat. Misalnya untuk rumah dengan lebar kavling 6 meter, maka carilah referensi tampak rumah yang lebarnya juga 6 meter. Tujuannya untuk memudahkan presepsi bentuk rumah.

  1. Menggambar atap dari tampak samping

Langkah berikutnya adalah mulai menggambar atap. Gambarlah atap dengan bantuan garis proyeksi dari denah yang sudah ada. Tentukan juga sudut kemiringan atap yang dikehendaki. Biasanya sudut rumah itu adalah 35 derajat. Namun jika ingin sudut yang lebih besar juga diperbolehkan. Dari kemiringan dan garis proyeksi tersebut akan didapatkan titik tertinggi dari atap. Untuk garis kemiringan atap, lebihkan garis tersebut dari dinding luar. Biasanya lebihan itu bisa berjarak 60 cm hingga 1 meter.

  1. Menggambar tampak

Jika kemiringan atap, bentuk atap, dan ketinggian atap sudah ditemukan, maka langkah selanjutnya adalah menggambar tampak depan. Lakukan cara yang sama dengan langkah sebelumnya, yaitu dengan menggunakan garis proyeksi sebagai garis bantu. Namun untuk ketinggian atap, gunakan ketinggian atap sesuai dengan ketinggian dari gambar sebelumnya.

  1. Menggambar garis atap

Setelah draft tampak depan selesai, maka sempurnakan tampak depan tersebut dengan memberikan garis lebihan atap ke samping. Lebihan ke samping pada atap ini bisa sebesar 60 sampai 70 cm saja.

  1. Memodifikasi bentuk atap

Setelah tampak kurang lebih memiliki bentuk yang sesuai dengan selera, lakukan eksplorasi bentuk pada atap. Namun jangan terlalu jauh dari bentukan atap yang tadi sudah dibuat. Modifikasi ini bisa dengan menambah ketinggian atap, dan sebagainya.

  1. Menambah sosoran teras

Setiap rumah pasti memiliki teras. Teras itu juga membutuhkan naungan atau lebihan atap. Gambar sosoran teras tersebut sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Namun untuk atap sosoran teras biasanya lebih baik menggunakan atap datar agar tidak mengganggu tampilan atap utama.

  1. Menyempurnakan tampak depan

Jika semua bentuk tampak depan sudah sesuai dengan selera, langkah berikutnya adalah menyempurnakan gambar tampak depan. Caranya adalah dengan membuat tampak depan sesuai dengan tampak samping yang tadi sudah dibuat. Jika ada modifikasi, maka tampak depan juga perlu diubah penggambarannya.

  1. Menggambar lisplank

Gambar lisplank pada bagian bawah atap. Tebal lisplank bervariasi. Biasanya ada lisplank ukuran 30 cm dan 20 cm.

  1. Menggambar notasi bukaan dan bubungan

Setelah selesai, gambar notai pintu dan jendela serta tebalkan garis bubungan atap.

  1. Menggambar detail daun pintu dan jendela

Jika langkah berikutnya hanya sebatas bukaan, maka langkah kali ini adalah menggambar detail bukaan, lengkap dengan notasi kusen dan jenis pintu serta jendela.

  1. Mengarsir

Mengarsir tampak depan di bagian genteng, kaca, dan material lain yang diperlukan.

  1. Membuat alternatif desain

Bila pelu lakukan cara pertama hingga cara ke-13 untuk membuat alternatif tampak yang lebih inovatif.

  1. Membuat gambar 3D

Jika sudah menemukan desain yang benar-benar sesuai, gambar rumah dalam bentuk 3D untuk lebih mengetahui bentukan yang sebenarnya.

Itulah macam macam rumah tampak depan dan cara mendesain tampak depan rumah minimalis. Semoga bermanfaat.