Cara cerdas beli rumah tanpa menyicil ke Bank dapat dilakukan oleh siapa saja untuk memudahkan dalam mendapatkan tempat tinggal. Rumah menjadi salah satu kebutuhan pokok kita sebagai manusia. Pada umumnya, pembelian rumah ini menggunakan layanan bank berupa KPR karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menunggu dana terkumpul dulu.

Cara Cerdas Beli Rumah Tanpa Menyicil ke Bank

Rumah menjadi kebutuhan yang penting dalam menjalani hidup ini. Setelah seharian beraktivitas maka tempat kita kembali dan beristirahat adalah rumah. Untuk itu, jual beli rumah sering dilakukan karena permintaan yang terus meningkat. Harga rumah pun terus meningkat setiap tahunnya jadi ketika Anda ingin membeli rumah harus menyediakan dana yang tidak sedikit. Banyak orang yang menggunakan layanan bank berupa KPR untuk menyicil rumah. Kemudahan kita dalam mendapatkan rumah harus digantikan dengan bunga yang harus dibayar. Setiap bank memiliki ketentuan masing-masing dalam penetapan suku bunga. Semakin lama kita mengambil waktu menyicil maka semakin besar pula bunga yang harus dibayarkan. Oleh karena itu, beberapa orang kemudian mencari alternatif lain dalam mendapatkan rumah. Alternatif lain ini juga bisa dilakukan untuk memudahkan kita tanpa harus membayar suku bunga seperti dengan bank.

Berikut ini adalah cara cerdas beli rumah tanpa menyicil ke bank:

  1. Beli tanah bangun perlahan

Apabila keperluan rumah tidaklah terburu-buru maka ada baiknya jika Anda melakukan pembangunan secara bertahap. Hal ini membuat kita semakin mudah untuk mengumpulkan uang dan kemudian langsung membangun rumah secara perlahan. Awalnya Anda bisa membeli tanah terlebih dahulu. Pertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu, seperti lokasi tanah, harga tanah, lingkungan sekitarnya, bentuk tanah dan lain sebagainya. Setelah Anda merasa cocok maka Anda bisa membeli tanah tersebut. Sebelumnya, Anda bisa menyiapkan dana yang sekiranya dibutuhkan untuk membeli tanah. Jika Anda sudah mendapatkan tanah maka saatnya Anda mengumpulkan dana lagi untuk pembangunan berikutnya, seperti pembangunan pondasi. Begitu juga seterusnya. Dalam waktu tertentu maka Anda akan mendapatkan rumah yang diinginkan.

  1. Pinjam saudara

Membeli rumah memang membutuhkan dana yang tidak sedikit jadi membutuhkan waktu lama untuk mengumpulkannya. Apabila Anda membutuhkan rumah dengan segera maka langkah terbaik agar tidak meminjam uang dari bank adalah meminjam uang dari saudara, teman atau tetangga. Pastinya Anda memiliki teman dan saudara terdekat yang bisa menjadi calon peminjam dana untuk membeli uang. Persiapkan diri Anda terlebih dahulu, paling tidak apa yang hendak dikatakan kepada calon peminjam uang. Dekatilah mereka terlebih dahulu dan sampaikan tujuan Anda meminjam uang. Apabila mereka sudah dekat dengan Anda dan memiliki uang maka tidaklah sulit untuk meminjam uang. Tapi, Anda juga harus bertanggung jawab dengan hutang yang Anda pinjam.

  1. Apabila pembelian rumah untuk keperluan bisnis maka bisa dilakukan patungan

Seringkali kita membeli rumah tidak untuk keperluan pribadi, melainkan untuk keperluan bisnis. Seperti yang kita tahu bahwa bisnis properti adalah salah satu bisnis yang menguntungkan, terutama tanah dan rumah. Setiap tahun harga properti terus naik jadi keuntungan akan semakin bertambah. Tidak heran jika banyak orang ingin berkecimpung di dunia bisnis ini. Apabila Anda salah satu orang yang ingin menjalani bisnis ini maka pembelian rumah bisa dilakukan bersama mitra kerja Anda. Semakin banyak orang yang Anda ajak kerja sama maka bagian Anda untuk ikut membayar dana rumah akan semakin sedikit. Tapi, akan lebih baik jika jangan terlalu banyak memiliki mitra kerja karena akan menyulitkan bisnis tersebut, terlebih bagi bisnis yang baru berkembang. Inilah cara membeli rumah tanpa utang ke bank.

Tidak mudah mendapatkan dana untuk membeli rumah. Hal ini dikarenakan pembelian rumah melibatkan dana yang cukup besar jadi mungkin Anda harus meminjamnya pada beberapa sumber. Sangat sulit menemukan satu sumber peminjam dana yang bisa meminjamkan semua uang yang dibutuhkan untuk membeli rumah. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa hal yang harus diperhatikan seperti tanpa atau dengan KPR.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam cara beli rumah tanpa KPR:

  1. Niat utama

Niat menjadi hal penting bagi kita agar tetap semangat berusaha menemukan sumber dana yang bisa dipinjam. Bulatkan niat untuk terus berusaha mendapatkan rumah yang diinginkan.

  1. Berusaha dan berdo’a

Tanpa adanya usaha, pastinya kita tidak bisa mendapatkan kemudahan untuk membeli rumah. Teruslah berusaha mencari cara membeli rumah tanpa hutang.

  1. Perbanyak informasi

Carilah informasi mengenai berbagai rumah yang sedang dijual atau tanah juga bisa. Informasi ini bisa didapatkan dari berbagai sumber seperti media sosial, media massa, tanya dengan orang sekitar dan lain sebagainya. Kumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk kemudian dipertimbangkan.

Demikian cara cerdas beli rumah tanpa menyicil ke bank yang dapat dilakukan.