Cara membeli tanah tanpa modal mungkin banyak dicari oleh masyarakat karena banyak yang ingin memiliki tanah namun tidak memiliki modal yang cukup. Walau banyak orang yang ragu untuk mempraktikkan cara ini, namun pada kenyataannya strategi cara membeli tanah tanpa modal ini cukup berhasil untuk dilakukan. Cukup banyak pula orang yang melakukan cara-cara ini, terutama mereka yang sudah terbiasa dengan bisnis properti dan investasi tanah. Simak penjelasan berikut ini.

Tips Cara Membeli Tanah tanpa Modal

Saat ini ada banyak cara untuk memulai sebuah bisnis atau investasi. Jika kebanyakan orang mengira bahwa untuk memulai bisnis dan investasi, terutama di bidang properti, sangat sulit, kebanyakan dari mereka mengatakan hal demikian karena satu faktor utama, yaitu tidak adanya modal yang cukup. Padahal, jika ditelisik dari sisi ekonomi, ada banyak cara yang bisa digunakan walau tanpa adanya modal.

 

Lalu bagaimana cara membeli tanah tanpa modal? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dipraktikkan:

  1. Mempersiapkan tekad dan mental

Tips yang pertama adalah tips yang paling utama, karena adanya tekad dan mental yang kuat adalah satu pokok penting dari adanya sebuah bisnis dan investasi. Termasuk dalam memulai pembelian tanah tanpa modal. Walau mungkin banyak orang yang tidak percaya dan lebih menganggap tidak masuk akal, tidak perlu ragu. Karena tekad akan mengalahkan segalanya. Dan jangan lupa untuk memperbanyak doa.

  1. Menentukan kriteria tanah

Cara membeli tanah tanpa modal yang berikutnya adalah tentukan kriteria tanah tang ingin dibeli. Lalu usahakan untuk mendapatkan tanah yang sesuai dengan kriteria tersebut.

  1. Menjual kembali dengan harga yang lebih tinggi

Proses berikutnya adalah melakukan bisnis jual beli dengan sistem mark up. Sistem ini adalah istilah untuk selisih harga beli dengan harga jual kembali kepada pembeli nanti. Dalam bisnis tanah, ada banyak sekali tanah yang ditawarkan untuk dijual. Ada banyak penjual yang mencari makelar tanah, yaitu orang yang bisa menjualkan tanah mereka. Jadilah makelar tanah dan bantu pihak penjual dalam memasarkan tanah tersebut.

Tawarkan tanah tersebut dengan harga yang lebih tinggi dari harga yang ditawarkan oleh penjual. Namun tetap harus dalam batasan wajar. Misalnya jika ada tanah yang ditawarkan dengan harga 750 juta, tawarlah harga tanah itu sebesar 800 juta. Namun, carilah pembeli yang mau membeli tanah tersebut dalam harga 1 miliar. Dengan begitu akan didapatkan keuntungan kurang lebih sebesar 200 juta.

  1. Berbagi komisi dengan pemilik tanah

Cara membeli tanah tanpa modal bagi pemula yang bisa dilakukan adalah dengan membangun komitmen bersama pemilik tanah. Sebutkan keinginan bahwa pembeli memang akan menjual kembali tanah itu kepada orang lain dengan harga yang sudah ditentukan. Hal ini akan lebih mudah untuk pemula, terutama untuk membangun kejujuran di antara pemilik dan calon pembeli nantinya. Dengan begitu, pemilik tanah bisa jadi akan memberikan komisi sesuai dengan yang diinginkan.

  1. Menggunakan strategi flip transaction

Ada lagi cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan melakukan teknik flip transaction, yaitu membalikkan transaksi. Namun perlu dipahami bahwa cara ini hanya cocok digunakan oleh seseorang yang memang sudah menguasai sebuah daerah. Maka ada baiknya mencari tanah di sekitar tempat tinggal saja. Dengan demikian, akan lebih mudah didapatkan informasi harga tanah di sana. Jika ada harga tanah yang ditawarkan dalam harga murah, segera manfaatkan kondisi tersebut.

Caranya adalah dengan menawarkan diri pada pemilik tanah untuk membelinya. Namun mintalah penangguhan pembayaran pada pemilik. Pada masa penangguhan tersebut, pasarkan tanah itu kepada orang lain dengan harga yang lebih tinggi.

  1. Memanfaatkan KTA

KTA adalah Kredit Tanpa Agunan. Maksudnya adalah sebuah sistem perbankan yang cuku populer oleh para pelaku bisnis properti dan tanah. Cara ini merupakan salah satu tips beli tanah tanpa modal yang cukup mudah dan cepat untuk dilakukan.

  1. Memanfaatkan cash back

Selain itu, bisa juga dengan memanfaatkan dana cash back dari bank. Biasanya pihak bank menyebutnya sebagai investasi properti. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menemukan tanah yang akan dijual dengan sangat murah, bahkan bila perlu tanah tersebut akan dijual di bawah harga pasar yang berlaku. Dengan demikian, bank akan memberikan dana kredit yang diperoleh dari Appraisal.

  1. Menggunakan agunan

Jika pembeli memiliki sertifikat properti yang diakui oleh hukum, pembeli bisa memanfaatkannya untuk membeli tanah tanpa modal.

  1. Meminta keringanan pada penjual tanah

Jika sudah mendapatkan dana dari bank, maka langkah terakhir adalah melakukan negosiasi dan keringanan kepada pemilik tanah. Misalnya untuk membayar secara bertahap.

Itulah beberapa cara membeli tanah tanpa modal yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat.